Jangan Pakai Handgrip Berbahan Aluminium, itu Bahaya, biar buat Pajangan Saja

Diposting pada


Gambar: doctor matic


Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Acapkali kita menemukan handgrip berbahan aluminium sebagai pemanis tampilan sepeda motor. Selain terlihat beda, corak dan ragam handgrip jenis aluminium ini juga sangat beragam sehingga bisa “di-matching-kan” dengan tampilan motor sesuai selera bikernya.

Namun tahukah sampeyan Cak, handgrip berbahan aluminium ini ternyata kurang aman jika dipakai riding sehari-hari. Seperti kata Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultating (JDDC) Jusri Pulubuhu seperti dikutip dari Kompas, handgrip jenis aluminium relatif berbahaya jika dipakai sehari-hari karena tak mampunya menyerap keringat. Terlebih lagi saat dipakai di bawah guyuran hujan, permukaan penampang handgrip yang keras otomatis tak dapat digenggam secara optimal.

“Penggunaan handgrip jenis aluminium akan memperburuk keadaan saat tangan pengendara berkeringat atau basah,” tutur Jusri.

Yap, kemampuan tangan kanan untuk mengatur ritme jalannya sepeda motor memang sangat berhubungan dengan mudahnya handgrip digenggam dan dioperasikan. Saat anda mampu menggenggam secara optimal handgrip gas, yang terbuat dari karet, maka otomatis kemampuan anda mengatur laju motor juga bakal maksimal.
Baca juga:


Yup, itulah Cak kenapa instruktur safety riding juga menyebut jikalau handgrip dari alumunium berbahaya, atau setidaknya dihindari penggunaannya ketika berkendara sehari-hari. Baiknya sih penggunaan handgrip jenis aluminium ini hanya digunakan sebagai pemanis tampilan motor kala ikut mejeng di kontes modifikasi. Yakni peran motor sebagai pajangan, bukan untuk dikendarai.
Gambar motor modifikasi dengan handgrip berbahan aluminium
Dan ngomong-ngomong masalah handgrip berbahan aluminium nih Cak, sebagai kawula muda zaman dahulu, mmz juga pernah mengganti tunggangan ane dengan handgrip jenis ini. Bagus sih secara tampilan. Berwarna biru cerah dipadu padankan bareng baut-baut dan selang-selang dengan warna senada. Hayo, generasiPosh” podho ngakuo Cak… 😁
Tapi ya itu… licin, terus lama-lama telapak tangan bisa kapalan.. haha… Semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

6 komentar

  1. ho ho.. aku generasi posh poshan..
    jalu sih pertama kali aku ganti, eh stabiliser setang.
    emang sangat berbahaya, apalagi kalau sehabis jatuh tangan masih banyak nempel pasir kemudian pegang aluminium nya, widih.. atau tangan masih belepotan lumpur

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini