Tes Catalunya: Intip yang Baru di Yamaha M1. Lorenzo Jadi Panutan?

Diposting pada



Motomazine.com – Masbro, meski mendapat durian runtuh dengan meraih posisi tiga saat jalani race MotoGP Catalunya, Rossi dan tim Yamaha kembali terlihat antusias saat jalani tes di sirkuit Montmelo, Senin kemarin. Seperti juga tim-tim lain yang mendapat update baru, tim Movistar Yamaha rupanya juga punya piranti baru di YZR-M1.

Sebelum race Catalunya Rossi sempat mengatakan jika tim Iwata akan memberikan update piranti elektronik terutama untuk membantu akselerasi M1 yang selalu kedodoran. Nah, terlepas dari itu, ternyata Yamaha juga siapkan hal baru yakni update bentuk tangki pada YZR-M1 Rossi.
Entahlah, meski terlihat sepele, namun ubahan pada shape fuel tank sepertinya bekerja bagus pada Ducati Lorenzo. Terbukti, dengan revisi di bagian itu Jorge sukses menancapkan bendera Lorenzo’s Land di Mugello dan Catalunya.
Dan melihat hal tersebut, sepertinya Yamaha juga ikut penasaran. Hendak bermain pada area weight distribution, Yamaha mencoba memberikan semacam tambahan di tangki belakang dekat jok, untuk membuat rider lebih condong ke belakang. Entah apa tujuannya, yang pasti Yamaha punya hitung-hitungannya tersendiri untuk ini.
Tak hanya merevisi bentuk tangki belakang, bagian depan tangki dekat triple clamp juga mendapatkan update dengan bentuk agak lebar tapi lebih pendek. Yang paling kentara adalah coakan dagu pembalap yang kini lebih memendek.

Bentuk terbaru tangki M1 Rossi

Bandingkan dengan tangki M1 Rossi saat race di atas

Selebihnya Yamaha M1 besutan Rossi masih memakai piranti yang mirip dengan yang dipakainya saat race. Dan di tes Catalan hari pertama kemarin Rossi berada di posisi 14 dengan laptime terbaik di angka 1m40.124 detik.

“Kita punya beberapa piranti baru untuk dicoba hari ini. Kami bekerja keras di area akselerasi, dan beberapa hal baru untuk dicoba. Kami juga bekerja dengan ban baru Michelin, yang seperti saya mau dan bagus untuk ke depannya,” tutur Rossi.

Semoga berguna (mmz)
baca juga:


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini