2019 Plat Nopol Kendaraan di Indonesia Berubah. Simak Biar Gak Salah Paham

Diposting pada 58 views



Motomazine.com – Masbro, pembaruan menuju ke arah yang lebih baim terus dikaji di negara kita tercinta. Tak hanya masalah politik, hiruk pikuk hidup negara, sampai lalu lintas pun terus mendapat improve guna menekan angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan berkendara. Dan kabar terbaru dari dunia transportasi menyebutkan akan adanya revisi plat nopol kendaraan bermotor di Indonesia, setidaknya mulai 2019 nanti.

Yap, kabar ini mmz dapatkan dari akun resmi Polantas Indonesia yang memasang penampakan plat nopol baru, berwarna dasar putih dengan huruf berwarna hitam. Yoi Cak, dibalik. Kalau plat nopol yang kita kenal sekarang kan dasarnya hitam dengan huruf warna putih.
Usut punya usut nih, ternyata hal ini dilakukan agar plat lebih mudah dibaca dan terbaca, terutama oleh kamera CCTV. Nah loh. Wacananya ke depan pemasangan CCTV akan terus digalakkan, ditambah di tiap titik rawan jalanan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran lalin yang biasanya berujung pada kecelakaan.
Mengenai kapan berlakunya plat nopol terbaru tersebut, sejauh ini masih terus digodog. Polantas harus benar-benar tepat dalam menentukan ukuran dan bentuk huruf, terkait dengan kemudahannya dalam pembacaan.
Ditektur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra sendiri juga membenarkan adanya wacana perubahan plat nopol dari hitam menjadi putih ini. Namun ya itu tadi, spesifikasinya masih dalam tahap perundingan.

“Ya contohnya hitam jadi putih itu benar. Hanya saja hingga saat ini masih didiskusikan bagaimana bentuk dan spesifikasinya,” ungkap Brigjen Halim seperti dilansir Viva.

Untuk masa pemberlakuan menurut Brigjen Halim juga masih menunggu rampungnya revisi peraturan Kapolri No. 5 tahun 2012. Dalam peraturan itu nantinya juga akan dijelaskan mengenai spesifikasi dan aturan baku penggunaan plat nopol kendaraan terbaru di Indonesia.

“Revisi peraturan Kapolri No 5/2012 baru selesai tahun ini. Dan kami juga masih mendengarkan pendapat-pendapat,” imbuhnya.

So, dengan revisi plat nopol kendaraan nanti maka motor dan mobil di Indonesia bakal memakai plat berwarna putih dengan huruf hitam. Tujuannya agar lebih mudah terbaca bahkan juga oleh CCTV.
Jadi…wahai para sruntulers, bertaubatlah…. 🤣 Semoga berguna… (mmz)
baca juga:


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

4 thoughts on “2019 Plat Nopol Kendaraan di Indonesia Berubah. Simak Biar Gak Salah Paham

Silahkan Berkomentar di bawah sini