CCTV makin Canggih, Wacana Plat Putih dibatalkan! Berikut Info lengkapnya

Diposting pada 125 views

Motomazine.com – Masbro, dahulu, beberapa bulan lalu tepatnya, sempat terlintas wacana penggantian dasar plat nopol kendaraan bermotor di Indonesia yang saat ini hitam diubah menjadi putih. Dan berkebalikannya, font yang saat ini putih diganti jadi hitam. Namun makin ke sini, seiring semakin canggihnya teknologi, sepertinya wacana mengganti plat nopol kendaraan jadi putih akan dibatalkan.

Adalah Korlantas Polri Brigadir Jenderal Halim Panggara yang sebelumnya pernah mengatakan perihal kajian plat nopol putih ini ke beberapa negara lain. Menurutnya saat itu penggantian plat ke warna putih bertujuan untuk memudahkan pembacaan CCTV terkait akan diberlakukannya sistem e-tilang.

Namun kabar terbaru yang dilansir dari beberapa media nasional menyebut bahwa melihat CCTV yang makin canggih sepertinya Polri akan memakai pendekatan berbeda dalam e-tilang ini.

Baca juga:

Menurut Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M. Iqbal, pihak Korlantas Polri nantinya akan memakai semacam alat bernama LPR atau License Plate Recognition. Dan cara kerja alat ini adalah mirip dengan face detection, yang mampu menangkap image plat nopol untuk kemudian direkam otomatis dan diteruskan ke sistem khusus sehingga plat akan langsung terdeteksi. Lha terus piye solusinya?

Yap, makin ke sini sepertinya emang bener wacana penggunaan plat putih bakal dibatalkan. Hal ini tentu saja karena alasan bahwa kualitas CCTV yang dipasang sudah sangat mumpuni. Adalah Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusuf menyebut bahwa kamera CCTV yang dipergunakan untuk menangkap objek plat pada e-tilang (Electronic Traffic law Enforcement/E-LTE) nanti langsung diimpor dari China. Dan secara kualitas CCTV tersebut beda dengan milik Dishub saat ini. CCTV impor itu nantinya akan dapat menangkap objek plat hitam dengan lebih baik, bahkan saat dilakukan zooming sekalipun. “Jadi daya tangkapnya itu akurat lebih dari 90 persen. Kalau sudah seperti itu tak perlu lagi kita ganti warna dasar pelat motor,” tutur beliau seperti dilansir dari Lek IWB yang dikutip dari Kompas (19/9/2018).

Last… Wacana tilang elektronik memang makin menggema Kangbro. Hal ini selaras dengan makin akan bersihnya tata kelola birokrasi di Indonesia termasuk pengaturan tilang. Sebab dengan e-tilang tak akan ada lagi alasan ‘uang damai’ karena semua masuk langsung ke kantong pendapatan negara melalui bank. Dan jika sudah diterapkan secara menyeluruh yo kita siap-siap saja. Paling gak persiapkan sejak dini bagaimana kita tertib dan tunduk pada aturan lalu lintas yang berlaku. Mulai dari kelengkapan dan kelayakan kendaraan bermotor, sampai pengendara sendiri yang juga harus patuh pada kaidah tertib sebagai pengendara maupun pengemudi.

So, pelat motor sampeyan akan tetap hitam masbro. Gak usah khawatir berganti dasar jadi putih yg tentu akan sangat mempengaruhi estetika si pelat sendiri. Terutama buat yang gak telaten bebersih. Atau, sampeyan malah pengen pelat nopol yang warna putih? 😁 semoga berguna…(mmz)


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

9 thoughts on “CCTV makin Canggih, Wacana Plat Putih dibatalkan! Berikut Info lengkapnya

Mari berbagi komentar di sini