MotoGP: Part Aero Terbaru Ducati GP18, apa sih Fungsinya?

Diposting pada 76 views

Motomazine.com – Masbro, Ducati sepertinya menjadi salah satu pabrikan yang begitu konsen pada part aerodinamika. Setiap detail yang sekiranya bisa membuat motor melaju dan membelah angin dengan lebih baik selalu diteliti sedemikian rupa agar Desmosedici menjelma menjadi tunggangan andalan di kelas MotoGP. Dan hasilnya, bisa sampeyan lihat sendiri. Ducati seakan menjadi pabrikan yang seneng banget gonta ganti wing fairing/aero fairing pada Desmosedici GP18. Tercatat hingga saat ini mereka telah mengaplikasikan tiga macam aero fairing yang akhirnya menemukan titik klopnya akhir-akhir ini.

Nah, di test privat Aragon kemarin, Ducati kembali memamerkan part yang disebut sebagai aero terbaru. Yap, bukannya fairing atau sayap tambahan, tetapi lebih pada penambahan part di suspensi depan. Seperti yang bisa lihat di gambar terlampir, Ducati Desmosedici GP18 mendapat tambahan berupa semacam selongsong berbahan aluminium yang membungkus suspensi depan berbahan karbon.

Usut punya usut nih masbro,menurut PaddockGP ternyata part ini konon berfungsi sebagai ‘pelicin’ angin agar angin berhembus lebih besar ke arah radiator. Yap, di trek-trek panjang macam Sepang atau mungkin Thailand part ini dinilai akan mampu memberikan pendinginan maksimal ke radiator Ducati GP18. Entahlah apakah ini tujuan sebenarnya atau memang ada rencana tersendiri dari Ducati. Sebab jika ini adalah benar part untuk menambah debit angin yang masuk ke radiator, sepertinya juga sedikit ambigu. Pasalnya selama ini Desmosedici GP18 belum sekalipun mengalami overheat saat balap.

Di Aragon kemarin Ducati menunjuk Danilo Petrucci untuk menguji part ini. Jadi kita tunggu saja, apakah Ducati akan memakainya di seri Thailand nanti? Semoga berguna… Oh ya, kalau menurut sampeyan kira-kira cover suspensi depan di Ducati Desmosedici GP18 ini fungsinya buat apa ya…? semoga berguna… (mmz)

baca juga:


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini