Aki Mobil Tetiba Ngadat? Padahal Awalnya Masih Bagus. Begini Solusinya

Diposting pada 62 views
Gambar hanya pemanis

Motomazine.com – Masbro, sebuah kejadian yang sama sekali tak mengenakan adalah aki (accu) mobil yang tetiba mati, padahal sebelumnya masih dalam kondisi baik, starter langsung jreng. Kok bisa? Bisa banget masbro… Semua kemungkinan yang berhubungan dengan piranti kelistrikan bisa saja terjadi, dan asli itu membuat kita kudu…ah sudahlah…

Nah, kejadian ini juga baru saja mmz alami beberapa waktu lalu. Maklum, ngopeni motuba memang kudu akeh sabare Kangbro. Tapi kalau menghadapi kejadian seperti di atas, yo kringet iso grontolan. Apalagi posisi malem, jauh dari kemungkinan bengkel juga. Haish wes, dijamin otak berputar ganjret wes… 😂

Sedikit cerita, jadi gini kangbro. Awalnya saya bermaksud membeli sesuatu untuk anak, kebetulan si genduk ini juga rewel saja minta dibelikan makanan itu. Ya sudah akhirnya saya belikan. Anehnya lagi, senduk (panggilan untuk anak cewek: Jawa) yang biasanya seneng pakai motor, kali ini ngajak bawa mboil. Yaweslah, karena gak ada pikiran apa-apa, gas deh.

Masuk ke kabin, putar kunci kontak (yang udah press start button ora sah guyu, sawat jenang susum pisan😁). Mesin langsung jreng nyala… Yawes langsung jalan ke tempat tujuan.

Nah, sesampainya di tempat tujuan ini, kejadian sama sekali tak mengenakkan itu terjadi. Keluar dari toko, saat mencoba menyalakan si empus tua, hanya terdengar “cetek, cetek”, gak ada niatan baik si aki untuk memutar dinamo dan menyalakan mesin. Dyaaarrrr….!!!! Akine thekor masbro…. Padahal posisi jam 8 malam, jauh dari bengkel dan kerumunan. Jadi sampeyan ora usah berpikir didorong…

Ya sudah putar otak, jalan pamungkas pun dilakukan, ambil hp langsung pasang status, “may day may day…” sekaligus telpon kolega, “kang, kucing saya mogok, aki thekor”. Dan alkhamdulillah, tak selang berapa lama bantuan pun datang.

Om Heru, salah satu temen dengan baik hati datang dan membawakan aki sekaligus piranti alat jempernya. Dan setelah aki dijemperkan, jreng… !!!! Nyala masbro… beugh, jan matursuwun banget buat om Heru…

Singkat kata, perjalanan pulang pun dilanjut. Tapi kudu ekstra hati-hati, salah lepas pedal kopling pas angkatan, kalau sampai mesin mati, yo mumet Cak. Tapi untungnya semua aman, terlewati, lancar sampai masuk ke rumah lagi.

Nah, esoknya nih, saya pun langsung telfon bengkel dinamo yang sudah lumayan kenal. Dan dengan baik hati pula doi mau datang ke rumah. Yawes, bongkar-bongkar, dan akhirnya, penyakite ketemu masbro…

Ternyata, penyebab aki thekor, ngadat dan gak mau ngangkat adalah karena tak ada setrum yang masuk. Gampangnya pengisian arus ke aki gak bekerja. Wasemb, pantes modiyar…🤣. Singkat kata alternatorpun dilepas sama doi, kemudian dibawa ke bengkelnya.

Selang beberapa saat kemudian si bro Yadi ini memaparkan beberapa part di dalam alternator yang musti diganti. Diantaranya adalah brostel (habis), seal-seal dan dua bearing yang sudah kocak.

Alternator

Yawes langsung meluncur ke toko spare part, belanja, dan pasang kembali ke dalam alternator. Setelah terpasang rapih, alternator juga sudah dipasangkan kembali ke tempatnya, aki di charge kurleb 3 jam, begitu kontak diputar ke on, jreng…!!! Alhamdulillah… nyala kangbro…

Tapi, jangan senang dulu…musti dites jalan, dimatikan, didiamkan, diendapkan, halah, maksutnya dicoba dinyalakan lagi setelah mobil diam satu atai dua hari. Dan setelah saya lakukan metode itu, aman, mobil menyala dengan seperti apa seharusnya dan aki terisi dengan baik (dari indikator aki).

Josss… problem solved dengan rincian biaya Rp 250 ribu. Murah kan…? Yo ora… wong dibelikan dhawet Jabung loh bisa buat mandi 😂. Bercanda masbro… murah lah ukurannya untuk harga segitu. Sebab di bengkel yang sudah punya nama, kemungkinan biayanya bisa lebih. Lagian kalau ganti alternator bisa kena 1,5 juta atau kalau asli bisa tembus 3 jutaan… Semoga berguna… (mmz)

baca juga:


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Aki Mobil Tetiba Ngadat? Padahal Awalnya Masih Bagus. Begini Solusinya

Mari berbagi komentar di sini