Cara Mudah Nyetel Kekerasan Suspensi Depan New Honda CBR150R. Tinggal Siapin Obeng Minus dan Niat

Diposting pada 66 views

Motomazine.com – Masbro, secara resmi Honda dalam hal ini AHM telah merilis New CBR150R sebagai suksesor CBR150R current. Meski masih memakai basis mesin yang sama dengan gen lawas, namun beberapa pembaruan fitur hadir sebagai pelengkap New Honda CBR150R facelift. Dan salah satunya adalah suspensi depan yang bisa disetel sendiri kekerasannya. Wes ini bisa DIY sembari menikmati segernya secangkir kopi.

Langkah Honda dalam menelurkan fitur terbaru ini memang pantas diacungi jempol. Pasalnya meskipun gak jadi nyangkokin suspensi upside down, namun opsi berupa kemudahan menyetel tingkat kekerasan/empuknya suspensi depan dan bahkan belakang ini akan menjadi daya gedor tersendiri. Apalagi buat bikers yang memang konsen banget sama kenyamanan atau malah gak begitu mikir nyaman yang penting handling motor jempolan.

Dan berikut mmz kasih cara buat smapeyan semua, yang ingin menyetel kekerasan suspensi depan New Honda CBR150R. Gampang, cukup siapkan obeng minus dan niat. Secangkir kopi dan sepiring pisang goreng, bolehlah… 😁

Baca juga:

Dikutip dari warungnya lek IWB, beliau sudah ngasih gambaran ke kita, eh sampeyan yang mau beli New Honda CBR150R apabila ingin mengatur keras lembutnya suspensi depannya. Sekali lagi gampang.

Dalam hal ini Honda telah membekali New CBR150R dengan 5 tingkat preload. Jadi sampeyan tinggal pilih nih, mau disetel di angka berapa. Yang pasti semakin banyak preloadnya, suspensi depan juga makin empuk dan begitu sebaliknya.

Lha buat nandai apa dong kang? Gampang… Honda wes nyepaki masbro, Honda sudah menyediakan 5 garis di baut setelan agar sampeyan bisa mengepaskan ukuran baut kiri dan kanan. Enak to? Rak perlu bingung pakai penggaris lagi.

Nah, seperti yang sudah tertulis di atas, preloaf suspensi depan New Honda CBR150R bisa disetel dengan memutar kepala baut memakai obeng minus. Kalau sampeyan memutar baut tersebut searah jarum jam, maka otomatis baut akan masuk, menekan spring, dan guratan garis berkurang. Implikasinya apa? Suspensi makin keras…

Lha sebaliknya, kalau sampeyan muter tuh baut ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam, maka baut makin nongol, tekanan pada spring berkurang, sehingga suspensi depan makin empuk. Wes gamblang to masbro?

Kalau sudah paham silahkan sekarang praktik sendiri… Kalau sudah ada unitnya tapi…hehe… Yang pasti suspensi dengan tingkat kekerasan yang bisa disetel ini diadopsi dari teknologi Big Bike Honda. Dan asyiknya lagi, tak hanya suspensi depan, namun suspensi belakang juga bisa disetel tingkat keras empuknya masbro…. Wes, penyuka cornering pasti sumringah ini… Oh ya, dalam kondisi standar pabrik Honda menyetel suspensi depan New CBR150R di preload tingkat 3. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar di bawah sini