MotoGP Jerez 2005 yang takkan terlupa

MotoGP: Musuh Bebuyutan Rossi Kembali Membalap di Musim 2019. Walah?

Diposting pada 96 views

Motomazine.com – Masbro, kabar terbaru kembali datang dari kancahh balap MotoGP. Jelang akhir musim seperti ini tentu saja banyak sekali berita dan gosip seputar paddock yang beredar. Mulai dari pindahnya beberapa pembalap ke tim baru, hadirnya rookie dari kelas Moto2 dan juga catatan laptime saat jalani tes Valencia pasca race terakhir musim ini. Dengan hasil laptime yang ditorehkan pembalap tersebut, paling tidak kita akan bisa meraba akan seperti apa peta persaingan MotoGP musim depan.

Akan tetapi, selain beberapa hal menarik di atas, ternyata ada satu hal yang tak kalah menarik untuk diamati. Yap, salah satunya kembalinya pembalap-pembalap gaek yang pernah berlaga di MotoGP ke kejuaraan balap grand prix terakbar sedunia ini. Dan kabar terupdate menyebut, Sete Gibernau, pembalap Spanyol yang pernah menjadi musuh bebuyutan Rossi bakal kembali musim 2019 mendatang.

Weleh… Apa gak khawatir saling gepuk lagi di lintasan? Eits… Tenang masbro… Dorna tahu benar. Sudah terlalu banyak aktor untuk mempersedap bumbu MotoGP. Tak perlu lagi menghadirkan aktor baru. Datangnya Sete Gibernau ke MotoGP bukanlah untuk bertarung memakai motor satelit layaknya musim 2008 lalu. Kedatangan Gibernau adalah untuk berlaga di kelas lain yakni kelas MotoE. Yoi, tim Sito Pons lah yang sudah memanggil Gibernau untuk membalap dengan motor listrik tahun 2019 nanti.

Sete Gibernau saat mencoba come back ke MotoGP tahun 2008 silam

Ditanya mengenai come back nya seorang Sete Gibernau, dalam sambutannya doi mengatakan bahwa ia sama sekali tidakĀ  menyangka kembali turun ke arena balap semenjak full pensiun 10 tahun silam. Sete berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Sito Pons kepadanya. Dengan begini praktis Gibernau menjadi satu-satunya orang yang membalap dengan tiga motor beda teknologi. Motor 2-tak, 4-tak dan yang akan didebutinya motor listrik.

Sedangkan alasan Sito Pons memilih Sete Gibernau adalah karena tim ini menginginkan pembalap yang sudah benar-benar siap. Seorang pembalap yang berpengalaman. Dan untuk ini mereka tak punya pilihan lain selain Sete Gibernau.

MotoE sebagai pelengkap Grand Prix

Bicara MotoE… MotoE adalah sebuah kelas baru yang diciptakan Dorna untuk memeriahkan kancah balap Grand Prix yang selama ini hanya diisi tiga kelas saja. Yakni Moto3, Moto2 dan MotoGP. Mulai tahun 2019 setidaknya akan tambah lagi satu kelas baru, MotoE. Balap MotoE sendiri bakal digelar setelah sesi Warm Up MotoGP. Direncanakan pada tahun 2019 kelas MotoE akan digelar selama 5 seri khusus di benua Eropa., yakni:

  • Jerez – 5 Mei 2019
  • Le Mans – 19 Mei 2019
  • Sachsenring – 7 Juli 2019
  • Austria – 11 Agustus 2019, dan
  • Misano – 15 September 2019

Balap MotoE nantinya diadakan sebanyak 7 sampai 10 lap. Kejuaraan semacam One Make Race ini menggunakan motor Energica Ego Corsa. Diharapkan tahun 2019 nanti MotoE bisa menghadirkan paling sedikit 18 starter di tiap serinya. Dan hingga saat ini setidaknya sudah ada nama-nama keren seperti Bradley Smith, Nicollo Canepa, Randy de Puniet dan yang terbaru Sete Gibernau. Masih ingat momen Jerez 2005? Tenang, Rossi dan Gibernau gak akan saling dorong lagi kok masbro. Lha mereka membalap di kelas yang berbeda je… Valentino Rossi masih di MotoGP sedangkan Sete Gibernau di MotoE… Semoga berguna… (mmz)

 

Silahkan Komentarnya Kangbro