Plat Nopol Cantik Sah Gak sih? yang Belum Paham Monggo

Diposting pada

Motomazine.com – Plat Nopol cantik? Bukannya plat nomor milik Polisi cantik terus sampeyan pakai… Bukan… :mrgreen: Jadi plat nopol cantik ini adalah plat nomor kendaraan atau yang dalam bahasa hukumnya disebut Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Lantas hubungannya dengan cantik? Yang dimaksud cantik selanjutnya karena plat nopol khsusus ini punya kombinasi angka dan huruf yang bebas dan bisa dipesan berdasarkan keinginan pemakai. Loh emang sah? Boleh gitu? Iya, boleh kok masbro.. Asal sampeyan bisa memenuhi beberapa persyaratan terutama harga yang bakal bikin kita makjenggirat.

Kenapa MMZ nulis artikel perihal nopol cantik ini? Jadi gini masbro, kemarin lusa motomazine mendapat pesan via dm dari salah satu pengunjung instagram @motomazineblog. Doi saat itu mengirimkan sebuah rekaman video yang ia akui dilakukan sendiri. Jadi dalam video tersebut masbro ini merekam aktivitas sebuah mobil SUV yang terkenal dengan “tot-tot, wiu-wiu” nya. Menurut si pengirim ini, mobil SUV tersebut melaju cukup kencang dengan plat nopol yang membingungkan.

Sek, membingungkan piye ini maksutnya? Jadi si masbro ini mengira kalau nopol yang dipakai tersebut tidak asli alias SPO (Sing Penting Ono). Alasannya adalah karena kombinasi huruf dan angkanya singkat banget. Si SUV tersebut punya kombinasi satu huruf daerah aslinya, satu angka dan satu huruf di belakang. Contohnya nih B 0 S, misalnya. Tapi kombinasi plat nopol yang dishare masbro tadi beda, bukan ini.

“Selamat pagi om, itu yang saya kirim video mobil pajero yang menurut saya ada kekeliruan di plat nomornya tidak ada menunjukkan bulan dan tahun berlakunya. Dan sebenarnya mobil tersebut arogan maka dari itu saya berinisiatif untuk memvideomobil tersebut. Pada saat saya video ternyata benar platnya tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya

ss dm dari pengirim

Diperbolehkan Gak Sih Sebenarnya Plat Nopol Cantik itu?

Penasaran atas apa yang dilihat doi pun bertanya pada MMZ dan mungkin mengharapkan videonya tayang di IG @motomazineblog. Tak mau gegabah, saya pun langsung kroscek ke website dispenda Jatim, sesuai huruf depan yang tertera pada plat nopol tersebut. Dan hasilnya…? SAH masbro… Nomornya terdaftar resmi di samsat dengan keterangan mobil dan lokasi pemilik yang benar. Jadi intinya ya memang itu plat nopolnya. Dan setelah saya jelaskan akhirnya si mas yang ngasih video tadi mau nglenggono dan paham. Dan lagi sebenarnya mobil Pajero tersebut nggak arogan, cuman agak ngebut saja.

Setelah saya lihat ternyata plat nopolnya memang sah

Sekarang yang jadi pertanyaan addalah, jika sah menurut hukum dan perundangan lalin yang berlaku, terus mana dong undang-undang resminya? Menukil dari Tribunjateng, berdasarkan PP No.60 Tahun 2017, nopol cantik itu memang DIPERBOLEHKAN namun ada tarifnya. Lalu buat sampeyan yang penasaran dengan berapa besaran tarif plat nopol khusus/cantik  silahkan simak tabel di bawah ini. Intinya sih tarifnya mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 20 juta tergantung kombinasi angka dan hurufnya.

Besaran Tarif Plat Nopol Cantik

NRKBKOMBINASITARIF (Rp)
1  angkaTidak ada huruf di belakang20.000.000
Ada huruf di belakang angka15.000.000
2 AngkaTidak ada huruf di belakang15.000.000
Ada huruf di belakang angka10.000.000
3 AngkaTidak ada huruf di belakang10.000.000
Ada huruf di belakang angka7.500.000
4 AngkaTidak ada huruf di belakang7.500.000
Ada huruf di belakang angka5.000.000

 

Nah mungkin sekarang sampeyan bertanya-tanya kenapa harga plat nopol cantik ini kok mahal banget…. Menurut pemerintah tarif plat nnomor polisi / NRKB bisa mahal begitu adalah karena tarif ini masuk ke dalam PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Jadi penerbitannya dan biaya registrasinya dibebankan kepada pemohon plat.

So, sudah jelas kan sekarang? Plat nomor polisi kendaraan bermotor (nopol cantik) itu boleh atau sah menurut hukum. Jadi kalau sampeyan menemukan plat nopol ini terpasang di mobil-mobil mewah, besar kemungkinannya NRKB tersebut memangsudah teregistrasi secara resmi. Jangan asal rekam terus unggah di sosmed dengan caption yang gak enak… woh, iso senjata makan tuan Pakde…. Oh ya. buat yang kepengen bikin plat nopol cantik silahkan saja datang ke samsat dan ikuti arahan lanjutannya. Tapi ya itu, harganyaaa….. Semoga berguna… (mmz)

baca juga:

2 thoughts on “Plat Nopol Cantik Sah Gak sih? yang Belum Paham Monggo

Tinggalkan Komentar di sini