Inilah Alasan Mengapa Sentul dicoret dari ARRC 2019. Nyata, NYALI Pembalap Indonesia Memang Edian!

Diposting pada 368 views

Inilah Alasan Mengapa Sentul dicoret dari ARRC 2019. Nyata, NYALI Pembalap Indonesia Memang Edian!

Motomazine.com – Masbro, sebagai warga Indonesia yang sangat menyukai balap, hati siapa yang tak teriris mendengar berita satu ini. Sirkuit kebanggan Indonesia, Sentul Internationla Circuit resmi dicoret dari ajang Asian road Racing Championship musim 2019. Banyak pertimbangan yang diambil hingga akhirnya FIM memilih tak lagi mengikutkan Sentul dalam daftar sirkuit yang berhak menggelar ajang balap motor se-Asia. Dimana makin ke sini pamornya malah semakin bagus saja. Emang apa sih masalah utamanya? Sudaah berat banget gitu? Tak mampu diselamatkan lagi?

Sebagai bangsa Indonesia kita memang musti legowo masbro. Kondisi sirkuit dengan permukaan aspal yang tak rata dan banyak bumpy dinilai mengundang bahaya. Apalagi tahun depan bakal ditambahkan kelas Superbike 1000cc (ASB1000). Apa gak ngeri kalau motor bertenaga 200 HP-an itu harus jumping atau sliding karena kehilangan traksi ban secara dipaksa (oleh lintasan). Hmmm… Wes pasti ngeri.

Sirkuit Sentul sendiri sebenarnya punya banyak kenangan manis dalam kiprahnya menjadi trek dunia. tahun 1997-1999, sirkuit yang terletak di Bogor ini sukses menggelar MotoGP. Yoi, MotoGP masbro…. Bahkan Rossi sempat menangi kelas 125cc di sirkuit kebanggan bangsa Indonesia ini. tepatnya tahun 1999 silam.

Di ajang ARRC sekalipun Sentul punya track record cukup apik. Total 15 musim sudah ARRC dihelat. Artinya permukaan sirkuit Sentul sudah sangat familiar dengan ban-ban dan deru mesin motor mulai UB150 hingga supersport. Tapi kenapa tetiba dihapus?Rupanya keluhan pembalap lah yang menjadi perhatian pihak komisi keamanan balap.

Faktor keamanan pembalap dan kondisi sirkuit jadi alasan

Adalah pembalap negeri Jiran yang sempat lontarkan guyonannya via IG. disadur dari warungnya lek IWB, di sana disebut bahwa Khairuddin sempat mengkritisi kondisi Sentul. ” This is my first time riding at Sentul Circuit. The track is so crazy I think I should ride a KX450 instead of ZX6R (Aku baru pertama membalap disirkuit Sentul. Sirkuit ini bener-bener gila. Aku seharusnya membalap menggunakan KX450 (motor trail) bukan ZX6R..” serunya saat itu dan langsung direspon tawa para follower Indonesia. ” Welcome the real difficult race track in the world bro…Never give up ” seru pembalap Kawasaki Manual Tech Ahmad Yudhistira…

Selain Khairuddin, beberapa tahun silam bahkan paduka Jorge Lorenzo sempat menolak saat didaulat menjajal Yamaha R25 spek balap di Sentul.

Dan bak gayung bersambut, ternyata pihak keselamatan balap (safety commission) juga sangat merespon keluhan para pembalap ini. Adalah direktur Two Wheel Motor Racing, promotor balapan Asia kenapa secara bulat Sentul tercoret dari kalender ARRC 2019. ” Ini menyangkut safety. Banyak pembalap memberikan masukan kepada saya untuk tahun depan. Tahun depan 600cc akan digantikan 1000cc. Nah….untuk 1.000 cc superbike pasti lebih besar tenaganya dan lebih kencang. Sirkuit Sentul enggak memenuhi syarat dijadikan sirkuit untuk 1.000 cc. Ini Semua ini demi safety….” jelas Ron…

So, sudah jelas kan masbro? Faktor keamanan lah yang membuat Sentul keluar dari kalender balap ARRC 2019. Padahal Sentul adalah trek yang menjadi pembuktian betapa edian nyali para pembalap Indonesia. Di Sentul, Ahwin Sanjaya, Rey Ratukore, Ahmad Yudhistira dan lain-lainnya justru seperti ingin memamerkan betapa mereka petarung tangguh. Dengan kondisi sikruit yang apa adanya, tetep saja mereka gas…!!! Tanpa kasih kendor. Betapapun cuacanya. Panas atau hujan… Semoga berguna… (mmz)

Berikut kalender balap Asian Road Racing Championship 2019

baca juga:


Silahkan berbagi dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine

 

Silahkan Komentarnya Kangbro