Tak Banyak Berubah inilah Livery GSX-RR 2019

Diposting pada 87 views

MOTOMAZINE.COM – Hari ini Minggu (03/02/2019) Suzuki Ecstar secara resmi merilis livery GSX-RR 2019. Secara fisik motor tunggangan Alex Rins dan Joan Mir ini tak alami banyak ubahan. Baik bodi maupun livery. Pabrikan Hamamatsu ini masih tetap mempertahankan warna dominan biru ngejreng ala-ala Suzuki dipadu striping garnish warna kuning stabilo dan silver. Ubahan hanya ada pada komposisi dan letak striping ini saja.

Suzuki sepertinya memang ingin fokus ke performa dan tak ingin dipusingkan dengan desain livery GSX-RR 2019. Tahun lalu Suzuki sudah berprogress sangat bagus. Hingga puncaknya pabrikan yang pernah dibela Andrea Iannone ini kehilangan hak konsesi. Artinya musim 2019 ini Suzuki Ecstar MotoGP menjadi tim pabrikan yang senyatanya.

Untuk itulah Davide Brivio selaku bos Suzuki MotoGP saat ini lebih fokus untuk meningkatkan performa GSX-RR 2019. Sebab seperti yang kita tahu Suzuki yang notabene juga memakai mesin inline 4 mengalami nasib serupa dengan Yamaha M1. Selalu keteteran di trek lurus, terutama melawan Ducati dan Honda.

Nah, di musim ini sepertinya area itulah yang ingin mereka perbaiki. Juga pada area pengereman yang sepertinya masih menjadi poin penting pengembangan. Yap, meski GSX-RR 2018 jauh lebih bagus dibanding versi 2017, namun sepertinya masalah kurang dekatnya titik pengereman ke tikungan masih menjadi ganjalan. Yang nyimak berita MotoGP pasti hafal lah ya dengan komentar Andrea Ianonne saat itu. Dan ternyata Rins juga mengamininya.

“Saya berharap motor ini punya power yang lebih bagus saat trek lurus dan juga pada pengereman. Saya yakin pabrikan telah bekerja bagus untuk itu, dan kami menargetkan kemenangan,” tutur Rins di video launching livery GSX-RR 2019 hari ini.

Bicara Suzuki GSX-RR 2019, seperti yang sudah mmz sebutkan di atas, sejatinya tak banyak ubahan yang dilakukan Suzuki. Bodi sama plek kayak GSX-RR 2018. Termasuk winglet, tulisan Suzuki melintang dari fairing sampai cover belakang, posisi stoplamp, bentuk sasis, swingarm, knalpot, hingga penempatan stiker Ecstar sebagai sponsor masih sama.

Ubahannya ya hanya grafis warna kuning stabilo dan silvernya itu. Yang di versi 2018 dibuat mengikuti arah fairing, kali ini di GSX-RR 2019 striping tersebut dibuat kotak, membelah fairing hingga tangki, cowl depan, dan belly di bawah footstep rider.

Suzuki GSX-RR 2018 saat Iannone masih menemani Rins

So, akan seperti apa kiprah Rins dan Mir di MotoGP musim 2019 mendatang. Kita tunggu saja, setidaknya mulai tes resmi Sepang yang akan dihelat mulai tanggal 6 Februari ini.

Berikut spesifikasi Suzuki GSX-RR

Panjang x Lebar x Tinggi: 2,096mm x 720mm x 1,140mm 
Wheelbase: 1,457mm 
Tipe Mesin: Water-cooled, 4 Stroke in-line 4 cylinder, DOHC 4 valve 
Kubikasi: 1,000cm3 
Power Maksimum: Over 176kw (240 PS) 
Kecepatan Maksimum: 340km/h 
Gearbox: Six-Speed, Seamless System 
Sasis: Twin-spar aluminium 
Ban (Depan/Belakang): Michelin, 17” / 17” 
Suspensi depan: Öhlins, Inverted fork 
Suspensi belakang: Öhlins 
Rem: Carbon/disc brake (iron), Brembo 
Software: Magneti Marelli 
Berat: 157kg 

Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro