MotoGP Qatar: Protes atas Winglet Ducati Ditolak, Dovisiozo tetap Menang!

Diposting pada 187 views

MOTOMAZINE.COM – Yang hangat yang hangat! Protes atas Winglet Ducati pasca race perdana Qatar ditolak. Dovisiozo tetap jadi pemenang. Sebuah kegrundelan tersendiri bagi kubu pemrotes tentunya. Sebab ternyata pihak race Director menolak protes tersebut dan mentasbihkan Dovisiozo sebagai pemenang syah MotoGP Qatar 2019.

Adalah empat pabrikan yang akhirnya melayangkan protes terhadap Ducati. Mereka adalah Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia. Hanya Yamaha yang tak latah ikut-ikutan protes atas winglet yang dinilai ilegal tersebut.

“Berdasarkan peraturan dan regulasi yang ada dewan FIM MotoGP menolak protes tersebut,” tutur pihak MotoGP seperti dilansir dari Autosport.

Artinya kemenangan Dovisiozo dan posisi enam yang diperoleh Petrucci dinyatakan syah.

Aero Part yang diprotes

Memangnya apa sih yang diprotes empat pabrikan atas Ducati?

Masih dari Autosport, adapun part yang diprotes pabrikan lainnya adalah aero winglet yang terletak dibawah/depan arm belakang. Usut punya usut part tersebut adalah piranti untuk mendinginkan ban belakang. Dan inilah rupanya yang menjadi masalah bagi pabrikan yang lainnya.

Kalau sampeyan menyimak presscon di Parc Ferme, di sana baik Dovisiozo, Marquez dan Crutchlow sepakat. Mereka berjuang dengan grip ban belakang. Artinya semua mengalami masalah yang sama.

Hanya saja sepertinya Ducati memang sedikit diuntungkan dengan hadirnya part tambahan di bawah/depan swingarm Desmosedici GP19.

Sebelumnya Ducati sudah memasang part ini saat lakoni tes pramusim Qatar lewat Danilo Petrucci dan Jack Miller. Namun di sesi balap perdana MotoGP Qatar kemarin, baik Dovisiozo, Petrucci dan Miller kompak memakai piranti tersebut. Dan itulah rupanya yang dipermasalahkan.

Tapi nyatanya protes atas winglet tambahan Ducati itu ditolak, dan Dovisiozo tetap menjadi pemenang sah MotoGP Qatar 2019. Semoga berguna…. (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro