Michelin Bingung Kompon Ban di Austin. Semoga 2016 Tak Terulang!

Diposting pada 64 views

MOTOMAZINE.COM – Michelin, pemasok ban tunggal yang ditunjuk Dorna di kelas MotoGP kebingungan tentukan kompon ban yang paling tepat untuk balap Austin. Produsen ban asal Perancis ini mengaku belum punya data di lintasan baru Austin. Permukaan sirkuit COTA diaspal ulang. Artinya semua data ban di atas aspal lama otomatis lenyap.

Yaps, sebuah gambling tersendiri bagi Michelin. Sebab kini mereka harus bekerja ekstra keras, meminta masukan pembalap setidaknya hingga JUmat pagi, saat para pembalap turun di sesi free practice 1.

“Austin adalah sirkuit yang sangat asyik untuk menggelar pesta. Tapi kini kami seperti kembali ke masa dimana kami tak bisa menentukan apa-apa.Treknya diperbaiki utnuk mengurnagi bumpi. Namun itu membuat kami butuh waktu untuk mencari informasi dan racikan ban yang tepat. Kami punya ban yang cukup bagus, tetapi itu semua baru bisa diketahui Jumat paginya,” tutur Piero Taramasso, Direktur Michelin divisi balap roda dua.

Sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan. Mengingat data dari ban sekarang ini mengambil peranan sangat besar demi memenangkan seorang pembalap. Sampeyan tentu masih ingat bukan? kejadian MotoGP seri COTA 2016 yang menimpa Valentino Rossi? Yang belum baca silahkan baca di sini.

Jadi intinya semoga Michelin segera berbenah dan sediakan ban yang sesuai dengan ekpesktasi pembalap. Karena permukaan aspal baru tentu akan menggerus ban.

Ambil saja contoh Termas de Rio Hondo 2018. Gegara permukaan aspal yang ditambal ulang, pesta balap jadi rancu gak karuan. Jack MIller start sendirian di depan, flag to flag dan banyak lagi insiden lainnya.

So, semoga tahun ini Michelin sudah jauh lebih baik. Dan berikut varian ban Michelin yang tersedia untuk race Austin:

Michelin Power Slick

Depan

  1. Soft (pita putih)
  2. medium (tanpa pita)
  3. hard (pita kuning)

Belakang

  1. soft (pita putih), asimetris, lebih keras kanan
  2. medium (tanpa pita) asimetris, lebih keras kanan
  3. hard (pita kuning) asimetris, lebih keras kanan

Michelin Power Rain

Depan

  1. soft (pita biru)
  2. medium (tanpa pita)

Belakang

  1. soft (pita biru) asimetris, lebih keras kanan
  2. medium (tanpa pita) asimetris, lebih keras kanan

FYI, sirkuit Austin Texas terdiri dari 11 tikungan ke kanan dan 9 tikungan ke kiri. Trek lurusnya juga edan-edanan. Tembus 1,2 kilometer. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro