Optimis Jelang Austin Mungkinkah Rossi Temukan Formula Baru di Yamaha M1?

Diposting pada 87 views

MOTOMAZINE.COM – Jelang MotoGP Austin yang sering disebut dengan Circuit of the America, pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi menyatakan rasa optimisnya. Setelah kantongi hasil cukup memuaskan di Argentina, Rossi kembali targetkan podium. Mungkinkah Rossi temukan formula baru untuk Yamaha M1?

Tren positif dipertontonkan Valentino Rossi setelah pembalap berusia 40 tahun tersebut mampu menyudahi perlawanan Dovisiozo. The Doctor, begitu ia akrab disapa, mampu hentikan sepak terjang Dovi dengan Desmosedici GP19 nya di dua tikungan terakhir.

Berbekal hal tersebut, wajar jika akhirnya Rossi pasang target tinggi, podium di Austin. Meskipun Rossi mengakui COTA bukanlah sirkuit favoritnya.

Balik lagi ke masalah Yamaha YZR-M1. Mungkin sedikit aneh jika Rossi berani pasang target tinggi di COTA. FYI, sirkuit yang menjadi jajahan Marquez itu punya trek lurus sepanjang 1,2 kilometer. Artinya apa? Berita buruk buat Yamaha.

Apalagi karkater sirkuitnya yang penuh dengan hairpin dan butuh motor dengan akselerasi luar biasa. Mengerem dengan sangat keras, kemudian gas sekuat-kuatnya untuk meninggalkan tikungan.

Entahlah, yang pasti musim lalu Vinales berhasil menjadi runner up du sini. So, paling tidak Yamaha punya rekaman data yang bisa dijadikan untuk hadapi seri COTA 2019 ini. Apalagi Rossi juga sempat cicipi posisi runner up di musim 2017. Tentu pengalaman dengan ban Michelin tersebut bisa dijadikan modal apik.


Itu adalah emosi yang hebat untuk berdiri di podium lagi pada Argentina, setelah menunggu begitu lama untuk aku, tim, dan juga para penggemar. Tapi sekarang kami harus fokus pada Grand Prix berikutnya (Austin).

Kami tahu bahwa Austin adalah trek yang sulit. Mungkin itu trek yang paling sulit dan teknis sepanjang musim MotoGP, tetapi pada tahun-tahun sebelumnya itu tidak terlalu buruk bagiku. Dalam beberapa tahun terakhir aku merasa baik, dan meskipun aku tidak tiba di podium tahun lalu, aku melakukannya pada tahun 2017.

Jadi, kami harus melakukannya seperti yang kami lakukan saat itu, bekerja dengan baik, mengendarai dengan baik, ikuti arah yang benar, dan kemudian kami akan lihat selanjutnya,” tutur pembalap yang baru saja mencetak lap record di MotoRanch tersebut.

So, berkaca pada pengalaman-pengalaman tersebut wajar jika Rossi dan Yamaha berani pasang target bagus, setidaknya podium. Syukur-syukur bisa patahkan dominasi Marquez, eh….

Oh ya, saat ini Rossi dan Marquez terpaut 14 poin. Terpisah oleh Dovisiozo di posisi dua yang terpisah empat angka dari Marquez. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro