11 Tips Mudik Aman dan Praktis

Diposting pada 19 views

MOTOMAZINE.COM – Mudik adalah kegiatan rutin yang tak bisa ditinggalkan oleh kaum-kaum penggiat urbanisasi. Tiap tahun mereka selalu menyempatkan waktu untuk balik ke kampung halaman berlebaran dengan sanak saudara di desa. Banyak sarana transportasi yang dipakai untuk mudik salah satunya adalah mobil. Dan berikut mmz kasih 11 tips mudik aman dan praktis memakai kendaraan pribadi/mobil.

Retail Division Head Astra Otoparts Shop and Drive Indra Nugraha via Detik,menyebutkan ada 11 poin yang perlu diperhatikan sebelum berangkat mudik. 11 tips mudik ini sepertinya menjadi hal sepele. Namun jika sampeyan lalai dan mengabaikannya, tak pelak salah satu dari ke sebelas poin ini bisa merepotkan perjalanan mudik anda.

“Sangat penting untuk memeriksa kendaraan yang kelihatannya sepele namun tidak bisa diabaikan begitu saja. Terdapat beberapa bagian pada kendaraan yang harus diperiksa sebelum dipakai perjalanan jauh,” tutur Indra.

Dan ke sebelas poin pada mobil yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan mudik adalah:
1. Oli/pelumas
Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan anda mengecek atau sangat disarankan mengganti oli/pelumas pada kendaraan. Baik oli mesin, oli gardan maupun oli transmisi, sebaiknya ganti dengan yang baru. Hal ini dimaksudkan agar kinerja oli selalu prima saat dipakai melaju dalam waktu yang lama dengan berbagai kondisi medan yang akan dihadapi selama mudik.
2. Aki/kelistrikan
Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan jauh. Sangat penting bagi kita mengetahui besarnya arus yang masuk.
Hal ini penting untuk mengetahui apakah ada kebocoran arus yang menyebabkan aki tak bisa menyimpan daya dengan optimal. Kalau sampai aki tidak bisa menyimpan arus dengan optimal, sampeyan juga yang bakal repot saat tetiba aki ngadat. Cuman bunyi ‘cetek-cetek’ saat distarter. Oh ya, kalau inget penting juga bawa sekring serep.
3. Filter Udara
Sebelum melakukan perjalanan mudik ada baiknya sampeyan mengecek dulu filter udara. Bersihkan dari debu yang menempel. Atau kalau sudah kotor banget, mending ganti saja. Filer udara yang kotor menyebabkan tarikan mesin berat dan boros bahan bakar.
4. Tekanan angin ban
Sangat disarankan mengecek tekanan angin ban sesuai anjuran yang tertera pada dinding ban. Kalau anginnya sudah berkurang sebaiknya segera ditambah. Angin ban yang optimal membuat kinerja ban menjadi maksimal. Jarak pengereman lebih baik, mobil lebih anteng dan pastinya bahan bakar jadi lebih irit.
5. Air radiator
Sangat penting melakukan pengecekan air radiator sebelum melakukan perjalanan mudik. Cairan radiator harus benar-benar penuh agar tak terjadi overheat saat mesin dipacu dalam waktu lama maupun saat bermacet ria.
Disarankan juga lakukan checking pada saluran/selang-selang radiator dan water pump. Pastikan semua rapat gak ada kebocoran Cak.
6. Wiper blade
Sangat disarankan juga melakukan pengecekan pada wiper blade. Okelah saat ini memang musim kemarau. Namun melihat anomali cuaca yang terkadang tidak jelas, peran wiper blade akan sangat penting saat tetiba turun hujan maupun mungkin kaca mobil anda terpapar kotoran dari depan.
Karet wiper yang sudah mengeras bisa merusak permukaan kaca mobil.
7. Shock absorber
Lakukan pengecekan shock absorber sebelum melakukan perjalanan jauh. Peran suspensi ini sangat penting mengingat medan yang akan dilewati bisa beragam kontur. Mulai dari gundukan, jalan yang bergelombang hingga lobang-lobang berjalan 😂 maksutnya jalan-jalan berlobang.
Cek juga karet stopper antara sasis dan bodi mobil supaya perjalanan jadi lebih nyaman.
8. Minyak rem dan minyak kopling
Minyak rem dan minyak kopling adalah dua poin penting yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan jauh. Ingat Om, dua poin ini punya andil sangat vital. Kalau sekiranya sudah cukup lama, ganti saja dua-duanya. Biar performa pengereman dan kopling bisa bekerja optimal.
9. Filter oli dan AC
Disarankan juga melakukan pengecekan pada filter oli. Lebih disarankan lagi, bareng dengan penggantian oli mesin, sekalian saja ganti filter olinya. Hal ini bertujuan agar kinerja filter oli bisa maksimal dalam menyaring gram dan kotoran.

Bersihkan juga filter AC. Usahakan filter AC tetap bersih agar udara yang dihembuskan selalu bersih sehingga perjalanan mudik jadi lebih nyaman. Kebayang kan kalau kabin berasa adem dan wangi?
10. Sistem penerangan dan lampu-lampu
Cek juga sistem penerangan dan lampu-lampu lain Cak. Pastikan lampu utama menyala dengan baik. Pastikan juga sein dan stoplamp juga menyala dengan baik. Sudah fokus saja pada lampu-lampu itu, gak usah mikir lampu strobo. Atau kalau pengen lebih detail lagi cek foglamp juga. Njagani kalau sampeyan nglewatin daerah pegunungan dan tetiba turun kabut.
11. Cuci mobil dan semir ban
Sebelum melakukan perjalanan jauh usahakan cuci mobil terlebih dahulu. Kalau menurut mmz sih, hal ini berdampak pada psikologis driver. Gak tau, tapi kalau mobil bersih dan kinclong tuh bawaannya enak gitu nyopirnya.
Oh ya, disarankan juga nyemir ban. Selain membuat tampilan ban tampak baru, melakukan semir ban secara rutin ternyata mampu menjaga elastisitas ban itu sendiri loh.

So, itulah 11 tips mudik aman dan praktis yang bisa mmz share ke sampeyan semua. Ingat sebelum melakukan perjalanan jauh, kondisikan juga kesehatan tubuh anda. Kalau ngantuk dan capek jangan nekat nyetir. Semoga berguna… (mmz)

3 thoughts on “11 Tips Mudik Aman dan Praktis

Silahkan Komentarnya Kangbro