MotoGP Jerman: The King of the Ring vs the Slower (Old) Man

Diposting pada 156 views

MOTOMAZINE.COM – MotoGP musim 2019 telah habiskan paruh musim pertama. Artinya pembalap baru akan membalap lagi pada bulan Agustus mendatang di sirkuit Brno sebagai pembuka paruh kedua musim. Nah yang jadi bahasan kita kali ini adalah si raja Sachsenring dibandingkan dengan legenda MotoGP. Yaps, The King of the Ring vs The Slower (Old) Man. Sedikit satir memang, tapi itulah fakta yang tersaji di balap Jerman semalam.

Banyak penikmat MotoGP yang menggantungkan asa pada performa Valentino Rossi. Meski sempat tiga kali gagal mendulang poin, namun menjelang GP Jerman sepertinya Rossi menemukan sesuatu di motornya. Termasuk Quartararo yang terus menampilkan pace apik, serta Vinales yang baru saja merasakan kemenangan di Assen.

Kenapa gak bahas Marquez? Apa yang mau diperbicangkan coba. Pembalap bernomor 93 ini sudah seperti di atas angin kalau membalap di Jerman. Sejak masuk ke MotoGP 2013 silam Marquez sama sekali tak terkalahkan. Wajar jika akhirnya julukan The King of (Sachsen)Ring disematkan kepadanya. Ada juga yang menjuluki The SachsenKing.

Dan lagi-lagi, di Sachsenring semalam Marquez sukses menjejak garis finish tanpa perlawanan berarti. Vinales yang mencoba nyodok di awal-awal lap akhirnya mengendur juga. Begitupun Quartararo yang digadang-gadang mampu berikan perlawanan terhadap pembalap HRC tersebut, justru tergelincir saat coba melewati Petrucci. Alex Rins yang semula bertahan akhirnya tumbang juga.

Begitupun duo Ducati. aneh, mereka seperti kehilangan arah hingga tak mampu sajikan performa terbaik demi merecoki Marc Marquez. Duo pembalap pabrikan Ducati justru berjibaku di barisan tengah dengan pembalap Alma Pramac Jack Miller, pembalap Suzuki Joan Mir, dan sebentar dengan Valentino Rossi.

Pak Tua yang melambat

Seperti yang sudah mmz tuliskan di judul, bukannya makin cepat, Rossi justru melambat. Bukan perbandingannya dengan laptime Marquez, tapi dengan pace balapnya sendiri tahun lalu. Rossi lebih lambat hingga 20 detik. Miris kan? Dan anehnya lagi, Vale bahkan tak tahu kenapa bisa begini. Nah loh…

Hari ini saya menyelesaikan balapan. Tapi balapan kali ini sangatlah sulit. Saya tak cukup cepat sedari awal.” tutur pembalap bernomor 46 tersebut.

“Kami kembali menderita di 4 balapan terakhir, dan kami harus mencari jawabannya. Di musim lalu 4 balapan terakhir adalah balapan yang bagus buatku. Saya selalu podium dan bahkan lakoni balapan yang bagus.

Tahun ini di 4 balapan terakhir saya tak bisa tampil kompetitif, saya tak tahu kenapa dan maka dari itu kami harus mencari jawabannya. Hari ini saya 20 detik lebih lambat dibanding catatan waktuku tahun lalu. Kami harus mencari jawabannya. Kami harus kembali menemukan motorku,” tambahnya.

Yaps, aneh memang. Rossi seperti menjadi pembalap Yamaha paling menderita dibanding 3 pembalap Yamaha lainnya. Di race kemarin Rossi memang finish di depan Morbidelli, tapi tetap saja, rekan setimnya mampu tampil lebih apik dan merebut posisi dua.

Tak tanggung-tanggung, Vinales juga masih harus meladeni perlawanan gencar pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Dan bisa kita lihat, motor Honda bekerja sangat bagus di Jerman.

So, mungkinkah hipotesis yang diungkapkan Pernat kemarin memang benar adanya? Rossi butuh revolusi tim besar-besaran? atau bahkan kembali mengganti crew chiefnya? Sebab sepeninggal opa Burgess dan digantikan opa Galbusera sekalipun Rossi seperti malah semakin menderita. Entahlah, hanya orang-orang dalam paddock sendiri yang tahu. Semoga berguna… (mmz)

Hasil MotoGP Jerman

GERMAN MOTOGP – RACE RESULTS
POSRIDERNATTEAMTIME/DIFF
1Marc MarquezSPARepsol Honda (RC213V)41m 8.276s
2Maverick ViñalesSPAMonster Yamaha (YZR-M1)+4.587s
3Cal CrutchlowGBRLCR Honda (RC213V)+7.741s
4Danilo PetrucciITAMission Winnow Ducati (GP19)+16.577s
5Andrea DoviziosoITAMission Winnow Ducati (GP19)+16.669s
6Jack MillerAUSPramac Ducati (GP19)+16.836s
7Joan MirSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)*+17.156s
8Valentino RossiITAMonster Yamaha (YZR-M1)+19.110s
9Franco MorbidelliITAPetronas Yamaha (YZR-M1)+20.634s
10Stefan BradlGERRepsol Honda (RC213V)+22.708s
11Tito RabatSPAReale Avintia Ducati (GP18)+26.345s
12Pol EspargaroSPARed Bull KTM Factory (RC16)+26.574s
13Andrea IannoneITAFactory Aprilia Gresini (RS-GP)+32.753s
14Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)+32.925s
15Karel AbrahamCZEReale Avintia Ducati (GP18)+37.934s
16Hafizh SyahrinMALRed Bull KTM Tech3 (RC16)+41.615s
17Francesco BagnaiaITAPramac Ducati (GP18)*+56.189s
18Miguel OliveiraPORRed Bull KTM Tech3 (RC16)*+57.377s
 Aleix EspargaroSPAFactory Aprilia Gresini (RS-GP)DNF
 Alex RinsSPASuzuki Ecstar (GSX-RR)DNF
 Johann ZarcoFRARed Bull KTM Factory (RC16)DNF
 Fabio QuartararoFRAPetronas Yamaha (YZR-M1)*DNF

Silahkan Komentarnya Kangbro