Gas Panther Gak Mau Cepet Balik? Nih Solusi Gampangnya Om

Diposting pada 99 views

MOTOMAZINE.COM – Gas atau istilah kerennya throttle menjadi  salah satu piranti vital di kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Piranti ini menjadi sarana untuk membuat mesin menderu dan menaikkan rpm sehingga saat gigi perseneling sudah masuk maka kendaraan bisa berjalan. Nah, baik di motor dan mobil yang masih pakai kabel/seling gas konvensional sering terjadi gejala macet atau seret akibat kurangnya pelumasan. Yaps, apapun itu kalua pelumasnya kurang maksimal ya mesti seret om… Alih-alih kadang bikin perih dan sobek.. haiyah 😆

Nah, beberapa hari lalu si tua Panther di garasi juga ngalamin hal yang sama. Sampeyan ngerti sendiri lah om, suka dukanya merawat motuba. Sukanya kalau semua part bkerja normal dan optimal, lha dukanya kalau ada piranti yang ngambek. Seperti yang mmz alami ini. Gas Panther yang semula enak banget tetiba orang Jawa bilang ‘mbandang’. Yoi, pas pedal gas dilepas tuh si rpm mesin gak langsung hilang alias masih ada sisa.. Piye om ya caranya menjelaskan. Smapeyan pasti tahu lah..

Efek mbandangnya gas ini tentu akan sangat mengganggu kala sampeyan melakukan shifting, terutama saat upshifting atau naikin gigi perseneling. Raungan power yang seharusnya langsung lenyap saat pedal gas dilepas masih menyisakan sisa. Alhasil mesin seperti terseret-seret. Malah bisa-bisa sampeyan dikira tengah bermain setengah kopling buat ngail tenaga… hahaha…emangnya bus Restu Boombastis.

Karena merasa tidak nyaman, yawes acara bongkar mretheli pun dilakukan. Yang pertama saya lakukan tentu saja mengecek kabel/seling pada gas. Caranya gampang banget. Tinggal buka baut pengunci yang ada di belakang setelan bosch pump terus lepas tuh kabel dari rumahnya.

Setelah itu lepas kait yang mengunci pada tuas throttle yang terhubung dengan mesin. Cara membukanya cukup gampang kok om. Tinggal tarik saja dan tuh pengunci bakal lepas dengan sendirinya…

posisi kabel gas pada Isuzu Panther kotak

Setelah terlepas sekarang silahkan tarik kabel gas dari posisi yang biasanya sih rumit. Baru setelah itu lakukan treatment ala-ala kaskuser dan grup facebook. Di sini racunnya mbah Desi saya aplikasikan…wkwkwk…

Ambil minyak goreng lalu suntikkan ke dalam celah yang terdapat antara rumah kabel dengan kabel gas itu sendiri. Terus masukkan minyak goreng sambil kocok tuh kabel keluar masuk. Haish.. Ojo ngeres om.. minyak goreng ini akan lebih afdol lagi saat sampeyan kasih pelumas rantai. Jadi dicampur gitu…

Nah, serasa dikira cukup, sekarang kembalikan kabel gas seperti posisi semula dan rasakan bedanya. Pertama, injakan pedal gas sudah pasti jauh lebih enteng. Kedua, penyakit agas mbandang yang terjadi Insyaallah bisa teratasi. Dan ini juga solusi yang saya dapatkan. Setelah melakukan treatment ala DIY seperti yang mmz tuliskan di atas, si Panther tua pun sembuh. Begitu gas dilepas raungan mesin langsung menghilang. Alhasil didengerin juga enak dan shifting juga jadi lebih enak.

So, fix, problem solved! Jadi buat sampeyan yang mengalami masalah serupa, silahkan deh praktikkan sendiri di rumah. Gampang dan murah saja kok… Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “Gas Panther Gak Mau Cepet Balik? Nih Solusi Gampangnya Om

Silahkan Komentarnya Kangbro