Nyobain MX King Terbaru. Begini Rasanya

Diposting pada 355 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, semalem mmz berkesempatan untuk mencoba langsung performa bebek kencang produksi Yamaha, si MX King. Motor yang baru saja mendapatkan update warna ini adalah milik tetangga yang kebetulan sedang main ke rumah. Jadi bukan motor yang dipinjamkan dealer untuk direview. Jadi ya this is real sepeda motor milik konsumen.

Perlu diketahui, si MX King livery Monster Energy ini sudah tidak dalam kondisi standar. Velg depan belakang sudah diganti. Velg OEM dilengserkan digantikan dengan velg Cast wheel aftermarket berwarna emas. Saya lupa lihat merknya. Karena kondisi malam yang gelap juga, jadi gak begitu ‘ngematke’. Sampeyan yang ngerti dan hafal dengan velg ini monggo silahkan berkomentar.

Tak hanya velg, ban asli yang  gambot bawaan MX King juga dilengserkan diganti dengan ban berukuran lebih kecil. Kayaknya depan 80/80-17 dan 90/80-17 belakang. Piranti ciet depan juga diganti menggunakan cakram tapak lebar. Nah itulah sekilas ubahan yang dilakukan oleh si owner.

Kondisi motor sendiri masih kinyis-kinyis bau lap dealer. Yoi, saat nyemplak odometer masih menunjukkan angka 400-an kilometer. Emang masih baru sih…

Oh ya, test ride mmz lakukan malam-malam. Sekitar pukul 10 malam dengan kondisi seadanya. Maksutnya seadanya mmz hanya bersenjatakann celana oblong tiga perempat, dan juga kaos oblong. Hanya saut helm saja lantas ngeloyor macu si MX King terbaru ini.

Pertama nyalain kunci kontak…Hmmmm… berasa baru masbro… Tampilan dashboardnya sontak terdongkrak sangar akibat speedometer berdimensi lebar dengan tampilan LCD negatifnya. Asli memanjakan mata masbro… Apalagi saat gas dimainkan, bar rpm naik turun dengan mantabnya. Wes berasa nyemplak mini R1. Nunggang R15 aja malah  nggak begini… Hehehe…

Begitu double starter dipencet suara halus khas generasi MX King langsung terdengar merdu. Entahlah masbro, meski memakai basic mesin yang identic dengan Vixion tapi raungan mesin si MX berasa lebih halus. Dan sedari generasi Jupiter MX 135 cc sisi halus mesin inilah yang paling menarik buat mmz.

Oke, masukin perseneling ke gigi 1, ceklek, wes Vixion banget. Buka gas perlahan sekaligus perkenalan, masih halus… Yasp, mempertahankan karakter MX King yang halus motor ini memang dibekali perpindahan gigi smooth dan vibrasi yang minim. Bahkan disbanding Vixion sekalipun si MX King masih jauh lebih halus. Eits, jangan perbandingkan dengan Vixion R tapi. Jauh mas… halusan Vixion R ke mana-mana…

Meter demi meter teraih permainan gas pun makin dilanjutkan. Sekira satu kilometer kea rah timur mmz langsung balik kanan nyoba buat mengail performa MX King sesungguhnya.

Sengaja shifting saya lakukan mepet-mepet limit masbro. Dan impresinya gimana.. Hmm… Lumayan Panjang loh nafasnya. Bedanya cuman mesinnya yang halus membuat motor ini tak begitu mengintimidasi. Sangat jauh berbeda saat sampeyan nyemplak Satria F150 injeksi. Beughh… Ati isok dibeset-beset masbro rasanya… Raungan mesin DOHC yang seolah tertahan limiter asli membuat anda bahkan menggelinjang kegirangan.

Tapi buat MX King yang dipersenjatai mesin 150 cc SOHC 5-percepatan ya… Saya rasa cukup lah…

Untuk handling si MX King masih mempertahankan kemampuan rigidnya. Luwes buat tekak tekuk. Cuma karena bannya sudah diganti agak kecil jadi ya berani terlalu miring saat belok. Satu yang paling saya suka dari karakter MX King ini adalah remnya. Terutama rem depannya masbro…

Empuk, mantab, apalagi sudah diganti dengan piringan cakram lebar. Piston tunggalnya berasa bekerja lebih maksimal. Kalau rem belakang mah, jangan ditanya. Saya 2 tahun nyemplak Sinchan, jarang sekali pakai rem belakang…hahaha… Yoou know lagh why…

Sedikit topspeed dengan karak 1,5 kilometeran saya berhasil bukukan angka 118 kpj on speedo. Kayaknya belum mentok sih. Cuman karena ini motor baru dan bukan punya saya, yo ati-ati lah masbro…

Intinya dari test ride singkat Yamaha MX King terbaru ini mmz dapati kesimpulan bahwa MX King masih halus, nafasnya lumayan panjang bahkan dibanding Vixion, handling apik, pengereman jos gandosss, dan dashboard berasa mewah.

Paslah buat penyuka generasi bebek berpower mumpuni. Dengan harga Rp 24 jutaan OTR Jatim si MX King terbaru ini layak buat sampeyan miliki. Semoga berguna… Oh ya, gak ada foto karena emang dadakan… (mmz)

6 thoughts on “Nyobain MX King Terbaru. Begini Rasanya

  1. Misi,mau tanya,itu ganti velg sprti itu apa harus ubah dudukan cakram depan,ato langsung pnp ?

Silahkan Komentarnya Kangbro