Bersyukurlah Warga +62. Di Singapura Harga Avanza Tembus 1 Miliar

Diposting pada 187 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro.. bersyukurlah sampean yang tinggal di Indonesia. Pasalnya harga Toyota Avanza di Singapura bisa tembus 1 Miliar Rupiah. Lha kok bisa? Apa jangan-jangan part yang ditanamkan berbeda atau ada penyebab lain sehingga harganya bisa setara dengan Toyota Alphard atau Vellfire di Indonesia.

Fenomena harga Avanza yang tembus 1 Miiliar Rupiah di Singapura ini ternyata tidak sendirian. Pasalnya MPV sekelas Avanza seperti Mobilio yang dihargai sekitar Rp 200 jutaan juga bisa menyentuh angka Rp 1,2 M saat dijual ke Singapura sana. Belum lagi mobil-mobil branded Eropa. Audi A4 misalnya. Jika harga A4 di Eropa sekitar Rp 460 jutaan maka saat di Singapura harganya bisa tembus 1,2 Miliar. Nah loh…

Usut punya usut penyebab mahalnya harga mobil di Singapura ini adalah akibat beban pajak yang cukup banyak.

avanza veloz 2019 samping motomazine

Baca juga:

Mobil Bekas: Banderol Mencengangkan Honda Estilo SR3. Setara HRV?

Pertama adalah harga pokok mobil yang disebut Open Market Value atau sering disingkat OMV.

Kedua adalah biaya Additional Registration Fee (ARF). Kalau di Indonesia dinamakan Bea Balik Nama. Jumlah ARF yang  harus dibayarkan pembeli adalah 100 hingga 180 persen dari harga dasar mobil. Semisal harga dasar mobilnya Rp 200 juta maka ARF yang harus dibayar bisa tembus sekitar Rp 200 juta lagi. Weleh…

Beban ketiga yakni Bea Cukai karena mobilnya diimpor dari luar negeri. Jumlahnya sendiri sekitar 20 persen dari harga dasar mobil (OMV). Misalnya nih Avanza, harganya Rp 200 jutaan. Dengan penambahan ARF dan Cukai harganya bisa tembus Rp 440 jutaan.

Yang keempat adalah pajak barang/GST atau yang disebut Goods Servis Tax. Nilai GST sendiri mencapai 7 persen dari harga dasar mobil.

Berikutnya adalah COE atau yang disebut dengan Certificate of  Entitlement. COE sendiri adalah surat ijin agar mobil bisa melintasi setiap ruas jalan di Singapura. COE sendiri hanya berlaku selama 10 tahun dan harus diperbarui jika ingin memakainya lagi.

Kemudian yang terakhir adalah margin keuntungan dealer. Dan enam komponen biaya inilah yang membuat harga Avanza di Singapura bisa tembus 1 Miliar Rupiah.

Baca juga:

Aki Mobil Tetiba Ngadat? Padahal Awalnya Masih Bagus. Begini Solusinya

Pemerintah Singapura sendiri menerapkan peraturan seperti ini tentu bukan tanpa tujuan. Tujuan pemerintah Singapura yakni mengatur populasi mobil agar terkendali. Solusi untuk mengatasi kebutuhan warga akan kebutuhan mobil adalah dengan menyediakan transportasi umum agar masyarakat dapat beraktivitas setiap harinya.

Nah… Jelas kan sekarang mengapa harga Toyota Avanza di Singapura bisa mencapai 1 Miliar rupiah untuk satu unitnya… Bercita-cita pindah ke Singapura? Monggo masbro… Boleh kok. Semaoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “Bersyukurlah Warga +62. Di Singapura Harga Avanza Tembus 1 Miliar

Silahkan Komentarnya Kangbro