Guintoli Bocorkan Suzuki GSX-RR 2020

Diposting pada 191 views

MOTOMAZINE.COM – Sylvain Guintoli tester rider Suzuki MotoGP bocorkan GSX-RR untuk musim balap 2020. Setidaknya doi menyebut beberapa poin penting yang nantinya bakal diaplikasikan ke tunggangan Joan Mir dan Alex Rins tersebut. Memangnya apa sih bocoran yang bakal nempel di tubuh GSX-RR 2020?

Seperti kita tahu, Suzuki GSX-RR adalah salah satu pacuan prototype di kancah MotoGP yang perlu diperhitungkan kemampuannya. Motor ini pernah membawa Alex Rins raih juara seri dan berhasil kalahkan Marquez dengan Hondanya. Jelas ini menjadi pembuktian betapa GSX-RR versi 2019 memang sudah sangat siap diajak bertarung.

Nah, di musim 2020 nanti, Om Davide Brivio juga berencana meng-update mesin GSX-RR. Salah satunya yang paling kelihatan adalah semacam indikator oli di cover crank chase (GSX-RR 2019 ada satu lubang, GSX-RR 2020 pakai dua lubang).

baca juga : Testimoni yang Sudah Nyoba Suzuki DR150

Mesin model terbaru ini sudah nampang saat tes Valencia kemarin. Baik Alex Rins dan Joan Mir keduanya menyukai karakter mesin terbaru dari GSX-RR tersebut.

Yang selanjutnya menjadi konsen bagi Suzuki adalah sasis si GSX-RR sendiri. Menurut Guintoli pihak Hamamatsu bakal fokus untuk membuat tunggangan berlivery biru langit tersebut menjadi lebih linier di semua karakter sirkuit.

Secara handling sebenarnya GSX-RR punya handling yang sudah cukup mumpuni. Dengan gaya riding semi-old class ala Rins bahkan motor tersebut cukup nurut diajak menari menaklukkan ganasnya tikungan-tikungan sirkuit.

“Perbedaan utamanya ada di mesin. Kami fokus pada pengembangan mesin karena ini adalah area yang sangat rentan dengan regulasi. Mesin 2020 punya karakter yang berbeda dibanding mesin 2019. Di Sepang kami akan fokus pada sasis. Keseimbangan motor sudah bagus, namun kami perlu menguji beberapa elemen untuk membuat motor lebih optimal lagi. Mungkin kami juga akan membawa sasis dan swingarm yang baru,” tutur pembalap bernomor 50 tersebut.

Weh, bakal menarik nih Om kayaknya. Sebab Suzuki sepertinya fokus pada mesin dan sasis saja. Sebuah fokus yang terorganisir. Fokus mesin 2020 bertujuan untuk menjawab keinginan Alex Rins agar si GSX-RR mampu melesat lebih cepat di  trek lurus. Sedangkan sasis baru diperlukan agar motor ini punya kemampuan corner entry yang lebih baik.

So, kita tunggu saja bakal seperti apa performa GSX-RR model 2020 nanti. Setidaknya tunggu saja di tes Sepang yang bakal dihelat awal Februari nanti. Kalau secara desain sepertinya gak akan banyak ubahan berarti. Mesin masih sama, pakai konfigurasi inline-4 seperti halnya Yamaha M1… (mmz)

Baca juga : MotoGP Silverstone: Nyantai, Rins Tekuk Marquez di Last Corner

Silahkan Komentarnya Kangbro