Ngerem Mobil Matic sebaiknya Pakai Kaki Kanan atau Kiri?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Nyetir mobil matic sebenarnya hampir saja dengan mobil manual. Yang membedakan tentu saja pada pengoperasian perseneling dan kopling manual. Banyak yang beranggapan nyetir mobil matic lebih mudah dilakukan walaupun sebenarnya gak segampang itu juga. Dibutuhkan skill dan pengalaman supaya aman bagi semua pengguna jalan. Nah sekarang yang jadi pertanyaan, saat nyetir mobil matic, akan saat melakukan pengereman akan lebih mudah pakai kaki kanan atau kiri.

Untuk menjawab hal ini Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, memberikan tips posisi kaki yang pas saat berkendara. Khusus untuk mobil matik, tetap disarankan menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal rem dan gas. Yaps, dengan saling bergantinya kaki yang dipakai untuk mengoperasikan rem dan gas, maka kesalahan menginjak gas bisa diminimalisir.

Baca juga : 5 Gejala Rem Mobil Rusak. Waspada Cak!

“Posisi tumit kaki kanan menempel di lantai dan tetap di depan pedal rem, apa pun sistem transmisinya. Bukan berarti kalau matic ngeremnya pakai kaki kiri lho,” ujar Sony seperti dilansir detik.

Meski kaki kiri tidak dipakai untuk mengoperasikan rem atau gas, sebaiknya kaki kiri tetap di tempatkan di footrest. Di mobil matic biasanya ada footrest untuk menyandarkan kaki sekaligus sebagai penyeimbang kaki kanan saat melakukan pengereman.

“Kaki kiri seharusnya tidak sepenuhnya beristirahat. Tapi diletakkan di footstep untuk ‘menyeimbangkan’ badan pengemudi saat bersiap-siap di kondisi ekstrem, terutama rem emergency, cornering dan lain-lain,” tambahnya.

Intinya kita harus benar-benar menguasai mobil dan lalu lintas di sekitar kita. Supaya mobil yang kita kendarai tetap berjalan dengan mulus, nihil human error yang berimbas pada makin amannya semua pengguna jalan.

Ambil saja contoh kejadian kemarin. Pemobil yang nabrak ibu-ibu yang sedang hamil. Jika pengemudi mobil mampu menguasai kendaraannya, niscaya kejaidan tersebut dapat dihindarkan.

Baca juga : Aki Mobil Tetiba Ngadat? Padahal Awalnya Masih Bagus. Begini Solusinya

So, terjawab sudah..Melakukan pengereman pada mobil matic sebaiknya tetap menggunakan kaki kanan. Saya sendiri pernah nyoba ngerem pakai kaki kiri. Dan hasilnya… Penumpang langsung ngumpul ke depan semua. Gak percaya? Silahkan buktikan sendiri… (mmz)

One thought on “Ngerem Mobil Matic sebaiknya Pakai Kaki Kanan atau Kiri?

Tinggalkan Komentar di sini