COVID-19, MotoGP Musim 2020 di Ambang Kegagalan. Dyar!!!

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – COVID-19 atau yang sering disebut sebagai Corona sepertinya masih terus mewabah hingga saat ini. Negara yang terdampak terus bertambah termasuk korban yang terus berjatuhan. Nah, makin carut marutnya situasi dan kondisi ini memaksa penyelenggara MotoGP sekelas Dorna dan FIM  musti putar otak untuk tetap menggelar balapan musim ini. Namun begitu kabar terbaru yang hadir justru cukup menggemparkan. MotoGP  musim 2020 bisa jadi batal digelar lias tak ada balapan tahun ini.. Dyaarrr wesss!!!

MotoGP tahun ini memang penuh ketidakpastian. Diawali dengan batalnya gelaran balap malam di Qatar. Saat itu pemerintah Arab sana benar-benar melarang turis dari Italia dan Jepang bertandang ke sana. Gejala awal COVID-19 yang makin merebak saat itu memaksa pemerintahan setempat dan juga penyelenggara balap motor terakbar ini untuk membatalkan balap Losail. Saat itu hanya moto3 dan Moto2 saja yang melangsungkan balapan.

Baca juga : Yamaha AEROX Facelift? Apa sih yang diharapkan?

Seri Qatar harus diikhlaskan. Pembalap dan pemirsa berharap MotoGP Thailand digelar. Namun nihil. Balapan di sirkuit Buriram pun ditunda, menyusul kemudian balap di Texas dan Argentina. Beughhh… Wes tambah gak karu-karuan wes…

Tak sampai di situ saja, balapan Spanyol yang sejatinya hendak dilangsungkan pada 3 Mei di Jerez nanti pun menemukan jalan buntu. Sebelumnya mmz sudah memberikan ancer-ancer jadwal baru yang dirilis Dorna. Namun lagi-lagi, jika si COVID-19 tak segera musnah dari permukaan bumi, ya MotoGP 2020 terancam tidak jelas atau  bahkan batal digelar sama sekali.

“Kami akan melakukan apa yang bisa kami jalankan tanpa terlalu menekankan paruh musim kedua terutama pada akhir musim ini, jika kami harus mengubah sesuatu (Jadwal) nanti, maka kami akan melakukannya, kami berbicara dengan promotor Grand Prix ditiap sirkuit ketika mereka memberi tahu kami bahwa disana mengalami kesulitan, kami menundanya seperti halnya dengan Grand Pirx Jerez, Kami juga melakukan pembicaraan dengan Promotor Grand Prix Le Mans, Perancis dan kemudian kami akan melakukannya lagi dengan Promotor Grand Prix Mugello, Italia dan Catalunya, Barcelona.” Tutur Opa Ezpelata.

“Jika semuanya dimulai dengan terlambat, maka kami harus membatalkan kejuaraan (musim 2020), tetapi keputusannya saat ini adalah menunggu semua kondisi membaik kemudian kami siap untuk memulai kejuaran lagi.” lanjutnya…

Semula balap MotoGP musim ini dijadwalkan akan tetap digelar sebanyak 19 seri. Namun merunut pada makin mepetnya tahun 2020 ini sepertinya tidak mungkin menggelar balapan sebanyak itu. Muncul opini kemudian untuk menggelar balapan sebanyak 13 seri saja. Bahkan Rossi sempat usulkan format balapan kayak WSBK. Sabtu race 1, Minggu race 2.

Tapi lagi-lagi Dorna sepertinya masih kebingungan untuk men-schedule ulang jadwal balap MotoGP musim 2020. Bahkan pernah muncul ekspektasi ekstrem untuk melanjutkan balapan hingga tahun 2021. Duh tambah runyam ini…

“Kami tidak bisa menggeser jadwal balapan terlalu jauh ke musim dingin yang berimbas pada rusaknya musim 2021, mungkin saja kejuaraan tahun depan akan lebih singkat, kami memahami bagaimana kondisi saat ini, kami juga akan mengevaluasi apa yang harus dilakukan untuk kejuaraan musim berikutnya. Yang terpenting sekarang adalah untuk bisa pulih dari semua masalah ini dengan segera,” pungkas Ezpelata.

Duh, sebagai penikmat MotoGP saya asli bersedih. Kemarin saja pas digelar balapan Virtual yang diikuti pembalap, saya kan nonton via Twitter tuh, yang live cuman 4 ribuan orang. Bayangkan coba… Apalagi balap via konsol PS ini nihil Valentino Rossi.

Meski terlihat seru dengan gontok-gontokannya pembalap-pembalap yang berlaga, hingga Vinales dan Quartararo jatuh jumpalitan, tapi itu sama sekali tak dapat menggantikan serunya balap MotoGP yang real, bukan virtual.

Baca juga : COVID-19 Effect: MotoGP di balik Pintu sampai Jadwal 2021

So, mari berdoa bersama… Berusaha juga mendukung program pemerintah untuk #StayatHome atau #dirumahsaja untuk memutus pandemi COVID-19 yang makin mengkhawatirkan ini… Asli dagelan kalau MotoGP 2020 batal digelar atau tanpa balapan sama sekali… (mmz)

2 thoughts on “COVID-19, MotoGP Musim 2020 di Ambang Kegagalan. Dyar!!!

Tinggalkan Komentar di sini