Test Ride MX King 2020: Genangan Lama yang Hadir Kembali

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Masbro, saat ini kita memang disarankan bertahan di rumah saja untuk memutus pandemi Corona. Virus dari negara antah berantah yang nyatanya sukses memporak porandakan tatanan dunia. Dan semoga virus itu segera diangkat kembali sehingga dunia kembali aman dan kondusif seperti sedia kala. Nah, di artikel kali ini mmz mau ngebahas test ride MX King 2020 : Genangan Lama yang hadir kembali.. Hmmm…memangnya apa sih…?

Sebelumnya sampean jangan marah dulu karena mmz klayapan saat situasi yang seperti ini. Pertama adalah karena urusan pekerjaan, dan yang kedua tentu saja nyicipin Yamaha MX King lansiran 2020 yang baru saja mendarat di redaksi motomazine.

Tentu saja rasa curious memaksa saya ngegas si MX King dengan jarak yang lumayan. Tujuannya tentu saja menggali seperti apa karakter mesin si bebek 150cc ini, sekaligus mengetahui agility si MX terbaru. Dulu, saya sudah sangat terbiasa dengan respon keluarga Jupiter. Nah kali ini, setelah embel-embel Jupiter dihilangkan, apakah rasa “presisi” itu juga ikutan hilang?

Baca juga : Test Ride All New Honda CBR250RR. Power dan Handling serba Terkontrol!!!

Jalur yang saya ambil tentu saja jalur favorit ke telaga Ngebel. Maunya sih nglayap ke Cemoro Kandang. Tapi daripada ditembakin pake termometer ya sudah riwa riwi di dalam kota saja. Toh jalur ke Ngebel juga cukup buat ngeksplor kemampuan sebuah motor kok.

Jalannya beraneka ragam. Ada tanjakan, turunan, dan yang pasti kelokan-kelokan dari yang landai hingga tajam ada semua di sana. Bahkan ada satu tanjakan juga di sana yang memaksa kita oper gigi hingga ke gigi 1. Lengkap toh?

Nah sekarang kayak gimana rasanya test ride MX King 2020 ini? Yang pertama tentu saja pengenalan dulu. Wajar masbro, keseringan pakai motor batangan memaksa kita musti ambil ergonomi terbaik saat nyemplak bebek.

Untuk karakter mesin karena memakai mesin yang identik dengan 2PV ya otomatis feelnya mirip. Mulai dari akselerasi, power hingga vibrasi mirip pokoknya. Kalau menurut mmz sih vibrasi di MX King ini sedikit lebih  halus ya dibanding Vixion. Eits, bukan Vixion-R tapi. Asli, itu motor halusnya parah!

Untuk pengereman sampean tahu sendiri lah.. Khas Yamaha gitu… Empuk menggigit namun peru penyesuaian buat yang belum terbiasa..hehehe…

Yang pengen saya bahas kali ini adalah mengenai handling. Untuk ukuran motor bebek, si MX King ini asli menawarkan handling yang mumpuni. Entahlah masbro, untuk urusan handling sekarang ini pandangan saya sedikit membias karena keseringan bawa motor batangan. Apalagi setelah sebulan macarin XMAX, wes… rusak wes. ya walaupun tidak bisa dibandingkan apple to apple, tapi cara pandang terhadap kemampuan motor sedikit ngglewar..wkwkwk…

Oh  ya, sampean tentu bertanya-tanya tentang genangan lama yang hadir kembali yang sudah saya singgung di judul artikel. Yaps, meskipun embel-embel Jupiter sudah dihilangkan, namun karakter bebek presisi masih menempel di MX King.

Dulu tujuh tahun sudah saya nyemplak Jupiter burhan. Ya walaupun berjenis bebek murni, namun masalah kepresisian si Jupiter burhan mah jangan disepelakan. Bahkan tuh motor sering jadi raja di kelas bebek senggol tanah air. Karena emang aglity nya ajib banget…

Begitupun si MX King 2020 ini masbro… Dibawa melibas tikungan-tikungan tajam di jalur sepanjang Ngebel nih motor eces saja. Bahkan saat dibawa rebah agak lama menekuk salah satu tikungan parabola yang ada di sana, beughhh… nurut banget.. Asli memori lama sontak tergali begitu saja. Mengingatkan rasa saat nunggangi Jupiter burhan dulu. Cuman bedanya si MX King ini lebih pede dibawa nikung. Ban belakangnya yang 120/70-17 nyata memberikan grip tersendiri.

ban standar, gak berani miring

Hingga tak terasa perjalanan sekitar 70 kilometeran itu terlalui dengan cepatnya. Yaps, sepulang dari telaga saya sengaja ambil kiri arah Sugihan namanya, untuk lebih mengeksplor lagi kemampuan si MX King ini. Dan tak bisa dipungkiri memang. Meskipun bergenre bebek, MX King mampu berikan sensasi mantab saat dibawa menerjang jalan-jalan aspal dengan kelokan, tanjakan atau turunan tajam.

Baca juga : AGV K3 SV Scudetto. Motif Teraneh Helm AGV

Satu yang jadi ganjalan buat saya paling suspensi depannya yang menurut saya sedikit terlalu empuk. Sebab saya berkali-kali merasakan seperti “dug-dug” gitu saat melakukan hard braking. Entah, apakah tangan kanan saya yang terlalu jahat membejek tuas rem depan. Yang pasti kalau makenya sewajarnya saja ya gak bakal mentok kok suspensi depannya…

Last, itulah sekelumit rasa test ride MX King 2020 yang mmz lakoni beberapa hari lalu. At least dengan harga Rp 25.460.000,-  (OTR Ponorogo) nih bebek 150cc SOHC 5-percepatan sudah cukup mampu dibawa melesat memburu waktu… hehehe… (mmz)

One thought on “Test Ride MX King 2020: Genangan Lama yang Hadir Kembali

Tinggalkan Komentar di sini