Yamaha Sebenarnya sudah Punya Mesin 250cc 4 Silinder, PHAZER

Diposting pada 87 views

MOTOMAZINE.COM – Selamat pagi masbro, Yuk di rumah saja ya… Ingat, kita sendirilah yang punya andil besar memutus pandemi Corona ini dengan tetap bertahan di rumah saja. Termasuk kerja dari rumah saja, dan hilangkan pikiran untuk liburan. Nah, di pagi yang lumayan berawan ini mmz mau ngebahas motor vintage nya Yamaha. Diberi label Phazer FZ250, motor pabrikan garputala ini sudah mengusung mesin 4-tak 250cc dengan konfigurasi 4 silinder inline. Nah loh, ajib kan?

Lantas apa hubungannya dengan masa yang sekarang kok tetiba ngebahas motor 250cc 4 silinder Yamaha?

Sampean pasti sudah pada ngerti kan kalau saat ini pasar motor 250cc tanah air tengah diguncangkan dengan kehadiran ZX-25. Motor dari geng ijo tersebut sukses membuat pabrikan lain terbelalak karena aslinya emang bener-benar gak nyangka si ZX-25R bakal beneran nongol.

Baca juga : Lawan Corona Yamaha Jatim Berikan Service Kunjungan Yamaha (SKY). Berikut Hotline-nya

Alih-alih hanya isapan jempol belaka, eh ternyata si ZX-25R, dengan konfigurasi 4 silinder inline plus berbagai fitur ala moge beneran nongol ke tanah air. Ya walaupun belum jadi rilis gegara pandemi Covid-19, tetapi motor itu benar-benar ada dan tinggal lempar ke pasaran saja.

Nah balik lagi ke Yamaha. Kalau sampean ngikutin blog ini secara rutin, Yamaha dikabarkan juga tengah mempersiapkan jagoan 250cc sebagai product flagship mereka. Kicauan awal sih R25 versi lain nanti bakal mengusung mesin 3 silinder inline crossplane crankshaft. Entahlah untuk ini informasinya masih abu sekali.

Namun melihat hegemoni biker tanah air, yang cenderung skeptis dengan “yang lebih banyak dan lebih gede itu lebih baik”, mungkin Yamaha harus berpikir ulang untuk itu.

Saat ini melawan kompetitor tak bisa dengan bermain di ceruk lain. Harus benar-benar bertarung head to head pamer fitur, desain dan power terbaik. Barulah konsumen akan benar-benar mempertimbangkannya.

Bicara Phazer 250, bisa dikatakan produk tersebut adalah menjadi bkti betapa Yamaha bisa dan pernah sukses bermain dengan kelas 250cc 4 silinder. Setidaknya tahun 1985 silam motor ini berhasil membius biker negeri Sakura.

Desain futuristik, (mirip Katana), dipadu dengan mesin powerful (45 PS) saat itu mampu disandingkan dengan motor-motor 2 tak yang memang punya power nggegirisi. Dengan mesin 4-tak yang lebih ramah lingkungan dan suara, tentu banyak sekali yang keblinger dengan Phazer FZ250 ini.

Sebagai referensi monggo mmz kasih info spesifikasi Phazer 250

Spesifikasi Yamaha Phazer 250cc (power 45PS)

  • Panjang × lebar × tinggi : 1,950mm × 690mm × 1.060mm
  • Berat: 138kg
  • Mesin : Liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valve, in-line 4-cylinder, 249cc
  • Power maksimum: 33.1kW (45 PS) @ 14,500 rpm
  • Torsi maksimum: 24,5 Nm (2,5kgf ・ m) @ 11,500 rpm
  • Harga: ¥ 499.000 ( setara 65 juta )

Nah, kelihatan kan sekarang… Jika dibandingkan dengan Ninja 250 R (39 PS) dan CBR250RR (38 PS) tentu Phazer masih jauh lebih unggul. Dan yang patut digarisbawahi adalah, tuh mesin lansiran tahun 85 silam. Bagaimana kalau nih mesin diproduksi lagi dengan blok slinder halus plus pendingin cairan dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Yamaha di masa sekarang. CP crankshaft misalnya… Atau quick shifter, assist & slippery clutch, kontrol traksi dan berbagai fitur modern lainnya.

Baca juga : Test Ride MX King 2020: Genangan Lama yang Hadir Kembali

Dibalut dengan desain ala-ala R-series selayaknya R6 terbaru.. Beughh… Bisa sampean bayangkan… Bakal bener-bener porak poranda nih market motor spor 250cc 4-silinder. Itupun kalau Yamaha pakai mesin 4-silinder. Kalau mereka kekeuh pakai mesin 3-silinder, yawes tinggal nanti gimana respon biker tanah air. Wong sampai saat ini semuanya juga masih sebatas kabar manuk belaka… Termasuk CBR250RR-R. (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro