Salah Pasang Autochoke di BeAT Karbu bisa bikin Rp 200 Ribu Melayang

Diposting pada 35 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, siapa sih yang tak kenal dengan Honda BeAT. Motor yang perdana diluncurkan pada tahun 2008 silam ini nyatanya sukses mencuri perhatian hampir semua biker tanah air hingga dijuluki sebagai motor sejuta umat. Yaps, kepraktisan dan bodinya yang compact menjadi salah satu alasan kenapa Honda BeAT begitu diminati. Termasuk Honda BeAT generasi-generasi awal yang masih mengandalkan pengabut bahan bakar karburator. Yaps, salah pasang autochoke di Honda BeAT karbu bisa sebabkan Rp 200 ribu sampeyan melayang.

Autochoke sendiri fungsinya adalah menyesuaikan antara debit bensin dan pasokan udara yang diutuhkan agar karburator bekerja hingga membuat jerohan mesin meledak dan hasilkan pembakaran.

Baca juga : Pertamanya Ketemu New Honda Vario 150 Velg Emas. Apik!

Namun begitu, piranti yang nempel di dekat karburator Honda BeAT lawas ini punya kinerja otomatis. Jadi gak ditarik seling kabel dan model saklar kayak di motor bebek jadul bukan. Autochoke pada Honda BeAT karbu ini punya tugas otomatis menentukan campuran bensin dan udara agar motor mudah dihidupkan saat pagi hari. Salah pasang autochoke bisa-bisa motor susah hidup atau malah musti ganti autochoke yang baru.

Autochoke pada Honda BeAT karbu sendiri biasanya selalu dibongkar saat melakukan service rutin/membersihkan karburator. Logam yang berfungsi sebagai colokan musti sering dibersihkan supaya kinerjanya mampu maksimal. Kalau kotor nantinya akan berpengaruh pada susahnya motor dihidupkan di pagi hari.

Adalah Pak Rizky H. yang membeberkan masalah autochoke di Honda BeAT karbu ini. Beliau adalah owner salah satu bengkel rumahan di Sunter, Jakarta sana.

Dilansir dari Gridoto beliau menjelaskan bahwasannya ketika hendak memasang kembali autochoke ini, kita musti sangat berhati-hati. Kalau tidak, maka spring/per yang ada di dalamnya bisa saja lepas atau rusak. Dan kalau sudah rusak, si autochoke ini susah diperbaikinya. Biasanya be;i baru. Nah harganya berkisar antara 100-200 ribuan rupiah.

Honda BeAT generasi pertama facelift pertama (spakbor depan) (cw)

“Pastikan pemasangannya pas di dudukannya agar per di dalam autochoke itu tidak patah,” ujarnya. “Seandainya patah harus ganti autochoke utuh, masalahnya harganya cukup mahal. Harganya bisa Rp 100-200 ribuan, itupun jarang tersedia di bengkel resmi,” tambahnya.

Baca juga : 9 Tips Ampuh Rawat Motor Matic Honda biar Tetep Awet

So, jelas sidah kan masbro. Hati-hati dalam memasang autochoke di Honda BeAT karbu. Atau Rp 200 ribu sampean melayang. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro