Beneran Ternyata, Masa Berlaku SIM tak lagi sesuai Tanggal Lahir

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Masbro, baru nyadar. Ternyata masa berlaku SIM tak lagi sesuai tanggal lahir. Hmmm… Ada plus minusnya nih. Yaps, informasi yang justru saya sendiri baru menemukannya belum lama ini. Termasuk setelah bulan kemarin mmz memperpanjang SIM. Jadi bisa membuktikannya secara langsung.

Masa Surat Izin Mengemudi biasanya disesuaikan dengan tanggal lahir pemohon SIM. Katakan tanggal 22 Januari maka masa berlaku SIM juga habis pada tangggal tersebut. Tapi setelah keluar SIM terbaru nih, masa berlaku SIM tak lagi sesuai dengan tanggal lahir.

Baca juga : Berikut Biaya Perpanjangan SIM A Terbaru. Pahami biar gak Kecele

Ada untung ruginya sebenarnya masa berlaku SIM model beginian. Untungnya bagi mereka yang ingin membuat SIM baru di bulan-bulan yang tidak pas tanggal lahirnya.

Semisal nih, si A lahir tanggal 22 Januari dan sudah menginjak 17 tahun. Sementara bapaknya menjanjikan membelikan motor sekaligus membuatkan SIM saat doi naik kelas pada bulan Juli misalnya. Maka secara otomatis si doi bisa membuat SIM baru pada bulan Juli tersebut tanpa harus menunggu Januari tahun depan, atau bisa dibilang masa berlaku SIM nya akan utuh 5 tahun.

Ambil saja contoh si A membuat SIM pada tanggal 8 Juli 2020. Maka otomatis masa berlaku SIM nya akan habis pada tanggal 8 Juli 2025. Tanpa harus menunggu ulang tahun doi tanggal 22 Januari 2021 mendatang. Atau kalau dia maksa bikin SIM tanggal 8 Juli 2020 maka doi kehilangan masa berlaku SIM sebanyak 5 bulan. Sejauh ini paham?

Nah minusnya sekarang. Bagi para pemohon perpanjangan SIM. Setahu saya nih, jarang banget orang yang memperpanjang SIM pas tanggal lahirnya. Banyak alasan menghindari hal tersebut. Salah satunya takut gak kebagian kuota seperti di masa pandemi sekarang ini. Jadi kebanyakan pemohon perpanjangan SIM pasti memilih memperpanjang SIM sebelum tanggal lahirnya.

Saya sendiri contohnya. Ulang tahun saya jatuh pada pertengahan bulan Juni, tapi pas ramai-ramainya pemohon SIM numpuk bulam kemarin saya ngalahin memperpanjang SIM pada tanggal 11. Alhasil SIM saya berlaku sampai tanggal 11 Juni 2025. Kalau dibandingkan dengan tanggal lahir artinya saya rugi beberapa hari. Belum lagi kalau tahun 2025 nanti saya maju lagi memperpanjangnya. Ya rugi lagi..wkwkwk..

Baca juga : Operasi Simpatik 2020 Kembali digelar. Berikut Waktu dan Sasarannya

So, sekedar pemberitahuan saja buat sampeyan yang memperpanjang SIM, atau bikin SIM baru tapi mendapati tanggal berlaku SIM nya gak sesuai tanggal lahir. Tenang… Jangan mencak-mencak masbro. Daripada diusung mas Provos. (mmz)  

Tinggalkan Komentar di sini