Yamaha F1Z Kunyus-kunyus. Duh, adanya di Bali lagi

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Siapa yang lahir di era ’90-an? Pasti sudah sangat hafal dengan bebek fenomenal Yamaha F1Z. Generasi terbarukan dari Yamaha Force1 yang telah lebih dahulu mengaspal ini menjadi bebek yang cukup nge-trend di masanya walaupun akhirnya tergusur sama si ganteng F1ZR. Di era tahun 90’an Yamaha sangat terkenal dengan produk-produknya yang bermesin 2 tak, salah satunya adalah F1Z ini. Dan di Bali sana, terdapat sesosok Yamaha F1Z yang masih kunyus-kunyus dengan odometer yang sangat rendah.

Secara tampilan F1Z masih mirip dengan Force 1. Namun Yamaha sudah melengkapi dengan disc brake di bagian depan dan knalpot racing seperti di varian F1ZR. Kapasitas mesin 110cc yang terpasang juga lebih besar dari generasi Alfa dan telah dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan bagian silindernya.

Baca juga : Apa sih Service Bombastis Yamaha Mandiri. Mau?

Menariknya, bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun, ada pemandangan tidak lazim terlihat di Yamaha Flagship Shop Bali. 1 unit F1Z warna putih lansiran tahun 1996 terlihat mejeng di dalam ruangan display motor.

Varian warna putih F1Z sebenarnya pada masanya, tidak terlalu banyak peminatnya sehingga populasinya sedikit. Namun, justru hal inilah yang membuat F1Z warna putih ini menjadi motor yang sangat langka.

 

“Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2 Tak Menolak Punah Bali. Kami display di bulan Agustus ini tepat pada saat kemerdekaan RI ke 75. Juga sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia.” Info dari Bapak Andri Fistulariyanto selaku promosi DDS Bali.

Setelah menjalani proses restorasi dimana beberapa komponen part diganti dengan yang baru, tampilan motor legendaris ini berubah layaknya baru melenggang kelaur dari dealer. Ternyata tidak hanya varian F1Z saja, tapi di sampingnya terlihat ada RX King dan Champ.

“Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2 tak perlahan digantikan dengan motor 4 tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton kemudian muncul Vega dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z. Varian terbarunya menggunakan teknologi injeksi dan forged piston yaitu Jupiter Z1” tambah Pak Andri Fistulariyanto lagi.

Seperti kita ketahui bahwa pada tanggal 3 Agustus 2020, Yamaha resmi memperkenalkan Jupiter Z1 dengan warna dan striping baru. Di tahun ini dilakukan penyegaran yang menghadirkan pilihan warna Metallic Blue, Metallic Red dan Metallic Black.

Baca juga : Menolak Punah, Jupiter Z1 Facelift Hadir Seharga Rp 18,1 Juta

Tampilannya pun semakin sporty dan modern berkat striping anyar yang terpasang pada Jupiter Z1 versi 2020 ini. Tak hanya itu, pinstripe putih pada velg membuatnya terlihat semakin sporty. Jupiter Z1 menggunakan teknologi injeksi yang didukung dengan Forged Piston atau piston tempa yang membuat kinerja mesin lebih kuat awet dan tahan lama.

So, mantap nih melihat sebuah motor jaman baheula masih terpampang eksis dengan tampilan yang masih kunyus-kunyus, bikin jiwa ‘trentengteng’ kembali bergetar (mmz).

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini