Mesin New CBR150R Facelift Balik lagi Ke Model Overbore?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Yuk bahas New CB150R facelift. Yaps, hegemoni terhadap update produk yang satu ini sepertinya lagi bagus-bagusnya. Printhilan bocoran bentuk dan fitur yang mulai disuguhkan membuat pembaca semakin kepo menguak akan seperti apa bentukan New CBR150R facelift nantinya. Untuk desain kabarnya bakal nyomot sang kakak, CBR250RR. Kemudian mesin, dari selentingan yang sudah dituliskan Pak Taufik TMCBlog kuat dugaan CBR150R nanti bakal balik lagi ke mesin overbore layaknya K45A.

Tahun 2016 silam Honda melakukan gebrakan besar dengan hadirkan CBR150R (K45G) dengan desain yang  bisa dibilang fresh, meruncing dn sangat berterima. Terbukti penjualan CBR150R versi lampu LED ini sangatlah bagus dengan bertebarannya motor  ini di jalanan. Yaps, parameter paling gampang melihat serapan motor ya di jalan raya. Makin banyak populasinya otomatis si produk emang beneran laris dong.

Baca juga: New Honda CBR150R Facelift adalah CBR250RR Versi Compact? Hmmm

Nah, di penghujung tahun 2020 ini kembali muncul bocoran bahwa Honda akan melakukan penyegaran terhdap CBR150R. Mengusung kode K45R banyak yang yakin desain si New CBR150R facelift nanti bakal jauh lebih advance dan beraura racy. Ya setidaknya dari kabar bakal nemploknya bodi CBR250RR ke tubuh sang adik.

Balik lagi ke urusan mesin. Seperti yang kita tahu, Honda CBR150R dual keen eyes versi pertama (bohlam) mengusung mesin berkarakter overbore (bore x stroke = 63,5 x 47,2 mm). Dimana mesin jenis ini diyakini punya kitiran power puncak yang lebih tinggi meski harus sedikit korbankan torsi bawahnya. Ya, karakter motor fairing yang kencang topspeednya lah.

Beralih ke CBR150R lampu LED, Honda merevisi mesin dengan  hadirkan karakter near square dimana range tenaga jadi lebih merata dari bawah hingga ke atas (bore x stroke = 57,3 x 57,8 mm). Bisa dibilang mesin ini adalah soulsi tengah-tengah. Akselerasi gak kedodoran namun topspeed sedikit turun. Toh saat itu jargon “mau ngebut dimana” juga lagi ramai-ramainya berdengung.

Namun makin ke sini sepertinya Honda mulai sadar. Secara dua competitor di kelas sport fairing punya power yang lebih mantab dibanding CBR150R sendiri. Ambil contoh GSX-R150. Akselerasi motor ini memang lumayan berat, namun semua tertutupi oleh panjangnya nafas mesin (limit rpm 13.000) dan power puncak yang nggegirisi (19PS).

Belum lagi si R15 V.3. Meski mengusung mesin SOHC namun si sport fairing bersasis deltabox ini punya tenaga puncak di angka 19 PS-an juga.

Jadi wajar jikalau akhirnya Honda juga berpikir ke arah situ. Saat ini Honda CBR150R hanya mampu muntahkan power puncak di angka 17,1 PS saja pada kitiran 9000 rpm. Mau mengganti dengan model mesin yang absolutely new? Kayaknya kelamaan. Yawes, yang paling masuk akal memang mengembalikan karakter mesin ke overbore plus beberapa penyesuaian agar power puncak makin terdongkrak. Contoh gamblangnya sudah jelas. CBR250RR (38 PS) vs CBR250RR-SP (41 PS).

Baca juga : Semoga AHM Serius Ngegarap New CBR150R

So, kita tunggu saja keabsahan printhilan berita tentang New CBR150R facelift ini. Karena kabarnya kelahiran sang produk sudah semakin dekat. Disinyalir pada awal-awal tahun 2021 mendatang beriringan dengan si PCX150 facelift. Smeoga berguna (mmz).

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini