All New Honda PCX160 sudah Bertebaran di Jagad Maya. Akankah AHM Ganti Strategi?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – All New Honda PCX160 yang telah lebih dahulu meluncur di Jepang sudah pamer sana-sini menampakkan berbagai sudut molek desainnya. Entah mau mengakui apa tidak , nyatanya All New Honda PCX160 memang punya aura tersendiri yang bisa saja mendadak menarik minat biker. Ingat kan bagaimana hegemoni saat CBR250RR pertama kali mengaspal? Nah, begitulah kurnag lebihnya.

Dalam artikel kali ini mmz gak akan membahas teknis yang Honda PCX160 usung. Saya kira semuanya sudah ngeh dengan teknologi si All New PCX160 ini.

Baca juga: All New Honda PCX125 Eropa, Boleh lah Buat Bodi New PCX150 Indonesia

Mesinnya jelas membengkak menjadi 156cc berteknologi eSP+ yang menurut Honda jauhย  lebih efisien dan bertenaga daripada PCX150 current. Mesin ini mampu muntahkan power maksimal sebesar 15,8 hp pada 8500 rpm dan torsi sebesar 15 Nm pada kitiran 6500 rpm.

Dengan tenaga dan torsi sebesar itu saya rasa cukuplah untuk membuat sampean ‘happy’ saat nyemplak si All New Honda PCX160 ini.

Mesin terbaru eSP+ All New Honda PCX160 dengan katup 4 buah

Satu yang patut sampean ketahui juga adalah roda yang berubah size nya. Roda depan memakai velg 2,75 inch dengan diameter 14 inch berbalut ban berukuran 110/70-14. Nah, untuk roda belakang Honda memberikan sentuhan ulang berupa velg yang lebih kecil daripada velg depan yakni 13 inch dengan lebar 3,5 inch. Ban belakang juga memakai size yang cukup gambot yakni 130/70-13.

Pemakain velg kombinasi ini tentu saja punya tujuan tersendri. Velg belakang yang punya diameter lebih kecil daripada velg PCX150 bakal berikan feeling jengat saat smapean membetot gas si All New PCX160. Bukan rahasia lagi kalau ban belakang dengan diameter yang lebih kecil mampu salurkan tenaga yang lebihย  baik saat motor berakselerasi.

Namun begitu, guna pertahankan sisi nyaman si PCX160 ini Honda tetap membenamkan velg 14 inch untuk roda depannya. Jelas dengan lingkar roda yang lebih besar akan berikan sumbangsih daya redam yang lebihย  baik. Jadi nanti tujuannya si All New PCX160 tetaplah responsif namun tidak anjrut-anjrutan. Paham kan maksud saya? Baiklah…

Gambar All New Honda PCX160 sudah kemana-mana

Back to the topic… Saat ini gambar dan detail All New Honda PCX160 sudah tersebar bebas ke jagad maya. Pertanyaannya tentu saja apakah ini akan berpengaruh kepada startegi AHM sendiri yang pastinya juga menjual produk global ini untuk pasar tanah air.

Bisa jadi AHM memajukan jadwal peluncuran karena sudah kepalang basah tak nisa menutupi rahasia desain si All New PCX160, atau bahan mereka akan mundurkan jadwal peluncuran dan lebih fokus pada New CBR150R.

Nah kan, malah semakin melebar? Intinya semua biker Indonesia pasti sudah menanti-nantikan kehadiran New PCX160 di tanah air. Namun bagi pabrikan sendiri dalam hal ini AHM, sepertinya juga akan sedikit mengurangi euphoria calon pembeli karena sudah mengetahui bentuknya terlebih dahulu.

Atau justru malah terbalik. Para calon buyer All New Honda PCX160 tanah air sudah ‘ngulu idu’ tidak sabar menantikan kehadiran si big skutik kelas 150 cc tersebut ke tanah air.

Baca juga: Seharusnya Honda Tak Merubah Total Desain PCX Facelift

Karena memang desainnya gianteng banget Sam. Mulai dari bentuk headlamp yang kini lebih sedap dipandang, desain dek samping hingga cover samping. Dan yang paling ciamik justru stoplampnya. Menegaskan siluet huruf X saat lampunya menyala. Dan lampu-lampu LED itu nyatanya memang pantes banget bersarang pada tempatnya.

stoplamp All New PCX160 dalam kondisi menyala

So, kita berdoa saja semoag All New Honda PCX yang meluncur untuk biker Indonesia nanti adalah desain yang plek ketiplek dengan All New PCX 160 Jepang ini. Atau justru malah lebih ganteng lagi dengan penyempurnaan suspensi belakang tabung misalnya.

Setidaknya boleh lah untuk mengobati ban Michelin yang tentu tak ikut masuk ke sini dan tergantikan oleh vendor IRC.

Atau mungkin speedometernya yang juga terkoneksi smartphone? Sebab All New PCX 160 ini sudah memakai port USB charger model USB. Dengan kepraktisan ini sekiranya akan lebih mantul kalau AHM sekalian benamkan teknologi smartphone connected untuk All New PCX160 Indonesia.

speedometer All New Honda PCX160

So, kita tunggu saja akan seperti apa strategi AHM ke depannya. Apakah sesegera mungkin meluncurkan All New PCX160 ke tanah air? Atau malah menunggu seperti apa reaksi masyrakat terhadap PCX terbaru Jepang ini.

Baca juga: All New Honda PCX125 Eropa, Boleh lah Buat Bodi New PCX150 Indonesia

Tapi saya yakni deh… Pasti banyak yang kesengsem dengan All New Honda PCX160 ini. Meskipun nihil VTEC dan hanya andalkan mesin eSP+ dengan penambahan 4 katup (valve), saya rasa sudah sangat cukup guna obati dahaga biker tanah air akan skutik Honda yang jauh lebih keren dan futuristik.

Jadi menurut sampean semua, apakah AHM bakal memajukan waktu perilisan All New Honda PCX160 ke awal tahun misalnya? Apa justru memundurkannya hingga semester kedua tahun 2021? Semoga berguna (mmz).

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.