Yamaha F155, Konsep MX King 202X dengan Biaya Milyaran

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Berbarengan dengan rilisnya Yamaha Exciter 155 VVA, Yamaha Vietnam juga pamerkan sebuah motor konsep yang mengusung nama F155. Motor yang memakai basis desain Exciter 155 ini disebut akan menjadi dasar Exciter 155 atau calon MX King 155 tahun 202X. Kenapa “x”? Ya karena kapan rilisnya masih belum jelas. Lhawong giantengnya kebangetan gitu.

Kalau diperhatikan Yamaha F155 ini memang melompat jauh jika dibandingkan Exciter 155 versi masal. Hampir semua bagian mendapat sentuhan ulang. Nyaris hanya mesin saja yang masih kelihatan sama dengan versi aslinya. Selebihnya hampir semua lini mendapat ubahan serius, yang bahkan katanya menelan dana hingga 1,7 milyar rupiah. Weleh, fantastis dong.

Emang apa saja sih yang diubah oleh Yamaha Jepang terhadap F155 ini?

Yang paling kentara tentu saja body work nya yang berubah total. Bagian batok yang menyajikan headlamp fenomenal hilang berganti stang dengan model racy.

Dashboard juga gitu. Speedometer yang sudah kece dari sononya digantikan dengan speedometer after market dengan shape yang jauh lebih bagus. Sejauh ini gak ada foto yang menunujukkan tampialn speedometer tersebut. Tapi asli, apik Sam.

Itu handle rem wireless gitu maksutnya?

Beralih ke bagian bawah, lampu utama beralih ke tebeng bawah bersanding dengan lubang air ram. Headlamp mini ini sepertinya memakai teknologi LED juga. Termasuk sein yang mendapat sentuhan ulang namun tetap pertahankan posisi aslinya.

Untuk dek samping gak begitu banyak ubahan. Dek atau sayap yang mirip kayak fairing itu dipertahankan karena memang sudah pancarkan aroma racy yang cukup kuat.

Yang paling ajib tentu saja bagian buritan. F155 memakai jok model single seater dengan cover jok bolong ala YZF-R1. Termasuk stoplamp yang hadir dengan bentuk baru dan memang bagus.

Kaki-kaki juga mendapat ubahan yang cukup ekstrem. Kalau dilihat-lihat sepertinya Yamaha Jepang mengaplikasikan limbah moge di beberapa bagian.

Perhatikan saja bagian depan. Suspensi standar sudah lengser berganti dengan suspensi model upside down. Begitu juga velg berdiameter lebar dibalut ban slick ala-ala MotoGP. Di sana Yamaha tetap pertahankan piringan cakram tunggal agar nih bebek tak terkesan lebay.

Swingarm belakang juga berganti dengan model banana arm. Kayaknya sih almu ya.. Dilabur cat warna hitam membuat tampilan swingarm F155 ini terlihat lebih matching dengan velg dan ban gambotnya.

Knalpot asli juga lengser berganti dengan knalpot under belly ala-ala YZR-M1. Knalpot model begini rasanya memang pantes banget kalau diaplikasikan ke motor Yamaha.

So, silahkan sampean pantengin sendiri tampilan Yamaha F155 versi konsep dari Exciter 155 ini. Dan silahkan menunggu saja. Semoga itu motor konsep bakal benar adanya. Minimal 80% mirip lah. Gak tahu, saya keinget saja versi konsepnya R25 yang gianteng itu tetiba berubah saat R25 versi massal rilis. (mmz)

Artikel terkait :

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.