Inikah Next Honda Revo 110 X Facelift?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Siapa sih yang tak kenal dengan sepeda motor sejuta umat sebelum BeAT memporak-porandakan pasar? Yaps, si bebek fenomenal penagih hutang, halah, maksutnya bebek yang sering menjadi kendaraan abang-abang ‘bank thitil’. Dialah Honda Revo X 110. Nah, Honda AP Thailand baru saja merilis generasi terbaru Wave 110, atau kalau di tanah air namanya Revo.

Berangkat dari foto tersebut bolehlah kita menduganya kalau si Wave 100 facelift ini akan masuk ke Indonesia dengan nama Revo X. Sekilas secara bentuk Honda masih pertahankan garis desain Revo X. Ubahan yang paling kentara tentu saja menyasar bagian depan. Yang mana lampu sein kini berpindah tempat lagi ke batok. Bersanding dengan lampu utama yang sudah LED.

Update selanjutnya ternyata justru menyasar pada mesin. Honda sepertinya ingin meningkatkan kemampuan jelajah si calon Revo facelift ini dengan menghadirkan mesin baru dengan tagline Honda Smart Engine.

Seperti juga pada generasi maticnya, Honda mengubah mesin Wave 110 terbaru ini dengan konfigurasi lebih overstroke. Mesin 4 tak SOHC-nya sekarang memakai konfigurasi bore stroke 47,00 x 63,1 mm yang menghasilkan kubikasi bersih 109,5 cc dengan perbandingan kompresi 10:1.

Mesin Honda Wave 110 terbaru

Bandingkan dengan mesin Revo X current tanah air yang mempunyai ukuran bore stroke 50 mm x 55,6 mm dengan isi bersih siliinder 109,17 dan rasio kompresi 9,3:1.

Usut punya usut, berdasarkan hasil ngulik mmz ke Bapak Suhari saat launching All New Scoopy kemarin, berubahnya mesin ke over stroke ini bermaksud menghasilkan torsi mumpuni di rpm yang rendah. Alhasil biker tak akan membetot gasnya dalam-dalam hanya untuk membuat motornya segera berlari.

So, apakah si Wave 110 2021 ini yang akan menjadi cikal bakal Honda Revo X 110 facelift Indonesia? Kita tunggu saja. Karena sudah saatnya Honda Revo tanah air mendapat refreshment. (mmz)

Artikel terkait:

One thought on “Inikah Next Honda Revo 110 X Facelift?

Tinggalkan Komentar di sini