Yamaha Jatim Kasih Tips Selamat Berkendara saat Hujan

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Musim hujan telah tiba. Sebagai biker kita harus selalu waspada dengan kondisi yang acapkali menyebabkan terjadinya kecelakaan. Amit-amit kan? Jalan yang licin ditambah genangan air membuat pengendara sering alami selip yang akhirnya membuat motor tidak seimbang, kehilangan grip dan akhirnya gubrak. Nah, untuk menjaga keselamatan saat berkendara dalam situasi hujan, Yamaha Jatim ngasih tips yang bisa sampean praktikkan dan perhatikan. Atau buat yang sudah expert, boleh lah dijadikan bahan menambah wawasan

Bapak Immanuel selaku Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim yakni main dealer Yamaha di Jatim, mengatakan “Sudah musim penghujan tingkat kecelakaan lebih tinggi, para pengendara harus mempersiapkan beberapa hal untuk mengantisipasi kejadian tersebut.  Yamaha Jatim akan memberikan tips supaya para bikers bisa selamat sampai tujuan ketika hujan”.

Berikut apapun yang harus dipersiapkan secara umum sebelum berkendara :

1. Siapkan jas hujan

2. Siapkan perlengkapan surat-surat kendaraan.

3. Pastikan dalam kondisi sehat

4. Konsumsi vitamin sebelum berangkat.

5. jangan lupa memakai helm dan pastikan tali pengait berbunyi klik.

Setelah memastikan kondisi tubuh Immanuel juga menambahkan para pengendara tidak boleh melewatkan pengecekan kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memastikan motor dalam kondisi prima ditengah hujan.

Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pengecekan kendaraan sebelum berkendara di saat hujan :

1. Cek kondisi ban motor, pastikan kondisi kelayakan ban mulai dari permukaan ban, kualitas permukaan ban, dan tekanan angin supaya tidak terjadi slip ketika di jalan. Rekomendasi tekanan angin yang pas untuk motor 155cc  yakni  22 psi (untuk ban depan)  dan 36 psi (untuk ban belakang) sedangkan untuk motor 125 cc yakni 29 psi (untuk ban depan)  dan 39 psi (untuk ban belakang).

Cek kondisi ban untuk memastikan grip masih bagus dan ban belum botak

2. Cek kondisi rem depan dan belakang, pastikan pengereman baik dan tidaknya. Pastikan ketika melakukan pengereman, handle rem tidak terlalu dalam sehingga bisa memastikan motor yang akan dikendarai aman saat berkendara di waktu hujan.

3. Selain memperhatikan kondisi kendaraan, pengemudi juga harus memastikan perilaku yang baik saat berkendara, yang artinya pengemudi harus menghindari gerakan-gerakan manuver yang tajam saat berkendara, mengingat jalanan licin dan pandangan sedikit terhalang oleh air hujan.

4. Hindari memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat kondisi hujan upayakan berkendara rata-rata 40 – 60 km/jam.  Demi mengantisipasi pandangan saat berkendara, karena akan terjadi jarak pandang dan akan membahayakan pengendara.

5. Jangan lupa selalu berdoa sebelum berkendara dan setelah sampai di tujuan.

“Tidak bisa dipungkiri tingkat kecelakaan saat musim penghujan selalu lebih tinggi dibanding musim kemarau, sehingga kami Yamaha Jatim ingin memastikan para pengendara motor bisa mengutamakan keselamatan saat memutuskan mengemudi di saat hujan” tambah Immanuel.

Ketika hujan lebat, pandangan pengendara akan terganggu, demi mencegah terjadinya kecelakaan dapat dilakukan dengan menyalakan lampu hazard*) untuk memberi tanda kepada pengendara di belakang agar lebih berhati-hati saat kondisi cuaca ekstrim. Seperti yang kita ketahui lampu hazard ditujukan untuk memberi tanda dalam situasi darurat (sesuai UU no 22 tahun 2009 peraturan berlalu lintas pasal 121 ayat 1).

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rem juga

Fitur lampu hazard sudah dibenamkan dalam varian motor Yamaha, satu diantaranya terdapat di keluarga MAXI yaitu NMAX, LEXI, AEROX dan XMAX. Generasi 125 pun tidak kalah dengan menggunakan fitur LED Hazard Lamp  pada Gear 125, FreeGo dan X-ride. Fitur ini akan sangat memberi keuntungan bagi pengendara terutama saat hujan.

Bagi masyarakat yang sudah mulai mengetahui pentingnya penggunaan lampu hazard kini Yamaha Jatim memberikan promo akhir tahun yang bisa didapatkan untuk pembelian unit diatas. Sebelum memutuskan untuk berkendara motor saat hujan alangkah lebih baik untuk memperhatikan tips yang telah dipaparkan.

So, selalu jaga kewaspadaan dan fokus saat berkendara. Terutama pada situasi musim penghujan dan kondisi lalu lintas yang semakin ‘amberegeul‘ ini. Semoga kesemalatan senantiasa menaungi kita semua. Amiin… (mmz)

*) mari diskusikan lebih lanjut pada kolom komentar

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.