Daily Review All New Aerox 155 Connected Part 2 : Handling

Diposting pada

Motomazine.com – All New Aerox 155 Connected menjadi salah satu andalan Yamaha gempur pasar skutik kelas 150 cc tanah air. Motor yang sebelumnya sudah sangat berterima di hati biker tanah air ini mendapat beberapa sentuhan ulang agar tampilannya makin caimik, termasuk juga beberapa fitur yang tentunya semakin manjakan konsumen. Dan kali ini mmz kembali akan mengulas daily review New Aerox 155 Connected yang dipercayakan kepada mmz untuk review selama 5 hari penuh. Dan pada part dua kali ini mmz mau ngebahas masalah handling sang skutik.

Bicara handling sebenarnya kita tak perlu lagi meragukan kemampuan motor-motor Yamaha. Dari dulu Yamaha pinter banget mendesain sasis hingga hasilkan handling ciamik untuk motor-motor keluaran mereka.

Motomazine sudah membuktikannya sendiri. Mulai dari F1ZR, Jupiter Z burhan, sampai Vixion Lightning (sinchan) semua sukses membuat mmz tercengang dengan handlingnya.

Termasuk juga New Aerox 155 Connected ini. Motor yang menjadi primadona penggila Sunmori ini masih warisi karakter kuat handling tajam pendahulunya, Aerox 155 VVA. 

Dengan ban gambot 110/70-14 dan 140/70-14 belakang, All New Aerox 155 Connected membuat sampean Pede saat harus mencoba rebah. Ingat, lakukan di sirkuit, jangan di jalan raya. 

Bawaannya nih motor malah pengen langsung rebah begitu sampean coba menidurkannya. Dan untuk yang kurang terbiasa pasti akan kaget dengan respon si All New Aerox 155 Connected ini.

Bicara handling kita gak akan bisa mengesampingkan performa pengereman. Lewat rem cakram depan dan rem tromol belakang sampean akan disuguhkan rem yang empuk dan presisi. 

Saya beberapa kali melakukan pengereman dengan porsi berbeda. Kalau menurut pakar safety riding kan ngerem yang aman itu 70% rem depan dan 30% rem belakang. Tapi saya coba melakukan pengereman dengan porsi berbeda. Yaitu mencoba memporsir rem depan saja atau rem belakang saja.

Dan hasilnya rem bekerja dengan jos! Bahkan saat saya memporsir rem belakang New Aerox 155 Connected ini sama sekali tak ditemukan gejala ngesot. Entah, apa karena cara mengerem saya, atau memang saking bagusnya kinerja ban, atau bahkan saking bagusnya COG si motor. Nanti kalau sampean nyoba sendiri boleh coba dipelajari.

Intinya All New Aerox 155 Connected ini mampu berikan handling top buat sampean yang suka agility sebuah sepeda motor skutik. Riding ergnonominya yang sporty berpadu kemampuan stop and go akibat PWR yang jempolan, si Aerox terbaru ini bakal membawa sampean ke kelas yang setingkat lebih ajib. (mmz)   

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.