Sekalinya Mengaspal Aprilia RS-GP 2021 Langsung Babat RC213V dan RC16

Diposting pada

Motomazine.com – Aprilia RS-GP versi 2021langsung tunjukkan performa jempolan saat ngaspal untuk pertama kalinya di sirkuit Jerez dalam 3 hari pengetesan. Tak tanggung-tanggung, lewat tangan Aleix Espargaro RS-GP versi 2021 langsung babat Honda RC213V dan KTM RC16. Hmmm… Semenjanjikan itukah?

Aprilia termasuk satu pabrikan yang masi mendapat hak konsesi. Artinya pabrikan asal Noale ini bebas utak atik semua part motornya. Termasuk mesin dan bahkan membuat motor yang benar-benar baru sekalipun.

Dan hak istimewa inilah yang ingin Aprilia manfaatkan. Setidaknya dengan hadirkan RS-GP versi 2021 yang berpenampilan baru.

Foto low res dengan jarak yang cukup jau berhasil diabadikan oleh salah satu jurnalis GPOne. Dari sana kita bisa melihat beberapa ubahan yang dilakukan oleh Aprilia.

Di sana, di depan paddock sirkuit Jerez terpampang dua Aprilia RS-GP. Yang full color tentu saja RS-GP versi 2020, sementara yang berbalut fairing hitam adalah RS-GP versi 2021.

Aprilia RS-GP versi 2021 sendiri punya beberapa ubahan yang cukup kentara. Yang paling kentara tentu saja knalpot. Masih memakai konfigurasi 2 exhaust cuman sekarang knalpot bawahnya didesain lebih pendek dan terbuka. Semacam diiris menyamping mirip knalpot M1.

Untuk knalpot indertail ada sedikit ubahan pada percabangan yang terlihat lebih gembung. Sementara di sektor bawah swingarm karbon juga hadir menggantikan swingarm aluminium yang selama ini Aprilia pakai. Ya, semua pabrikan yang memakai mesin V4 sudah berlaih ke swingarm karbon semua.

Sasis masih memakai twinspar aluminium bersih tanpa ada penguatan karbon. ‘Salad box’ tak ketinggalan hadir dengan dimensi yang lebih gede. Entah apa isinya, hanya Ducati dan Aprilia yang tahu.

Aprilia RS-GP versi 2020

Desain aerofairing depan sama sekali tak terlihat. Entah apakah Aprilia akan tetap pertahankan winglet segaban layaknya F1 itu atau beralih ke winglet yang berbeda. Setidaknya akan terlihat di Qatar nanti.

Yang jelas dengan Aprilia RS-GP versi 2021 ini Aleix Espargaro berhasil ungguli Stefan Bradl dengan Honda RC213V dan Dani Pedrosa di KTM RC-16GP nya. Aleix berhasil catatkan laptime 1m37.427 deetik di hari ketiga tes, pertajam catatan waktunya di hari kedua yang lebih lambat 0,3 detik. Sementara Bradl di tempat kedua hanya bukukan laptime di angka 1 menit 38 detikan.

“Kesan pertama dengan motor ini sangat positif. Kami bekerja di area akselerasi dan topspeed. Masih banyak yang bisa ditingkatkan dari sisi fairing, swingarm dan knalpot. Yang pasti berada di mana posisi kami akan bisa terlihat di tes Qatar nanti saat semua tim turun di sana,” tutur Aleix. Mantablah buat Aprilia. Biar persaingan semakin seru. (mmz)

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini