Dinilai berbahaya, Sunmori bisa dilarang? Setuju gak Sam?

Diposting pada

touring cbr250rr magetan

Motomazine.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari salah satu portal otomotif kenamaan tanah air. Baru saja mmz membaca berita yang mengangkat topik tentang Sunmori. Dinilai berbahaya, Sunmori bisa dilarang? Lha ini, ruwet wes!

Sunmori yang merupakan singkatan Sunday Morning Riding merupakan ajang komunitas dan pecinta motor mengekspresikan diri berkumpul dan silaturahmi bareng sesama biker.Β  Acara sunmori biasanya diawali dengan berkumpulnya biker di satu tikum (titik kumpul).

Selanjutnya mereka akan konvoi ke salah satu destinasi wisata atau tempat yang hendak dituju atau sekedar rolling city bersama-sama.

NahΒ  yang kemudian menjadikan perhatian khusus bagi pihak berwajib adalah perilaku oknum biker dalam Sunmori ini. Kenapa kita sebut sebagai oknum? ya karena nyatanya gak semua biker yang ikut sunmori selalu ugal-ugalan.

Banyak juga kok yang tetap patuh pada peraturan, memakai kendaraan bermotor yang lengkap dan laik jalan. Meskipun tak sedikit juga yang pakai motor ‘protholan’ dengan knalpot brong.Β  Oknum-oknum inilah yang akhirnya membuat citra Sunmori itu jelek.

Belum lagi banyak dari biker dalam tanda kutip ini yang persuguhkan aksi-aksi berbahaya. Sebut saja wheelie, stoppie, hingga cornering melebihi batas kemampuan. Ya kemampuan motornya, ya kemampuan orangnya. Tindakan-tindakan tak bertanggungjawab inilah yang akhirnya membahayakan pengendara lain.

Mau showing talent? Yo jangan di jalan raya Om. Sana di sirkuit. Mau sampean stoppie, wheelie, knee down, sampai head down atau body down sekalipun bebas.

Kalau Sunmori dan konvoi hendaklah saling menjaga keselamatan bersama. Semua pengendara punya hak yang sama dalam memakai jalan raya. Semua bayar pajak juga. Lhawong yang tidak pernah bayar pajak aja minta hak yang sama, bahkan lebih! Wes ra sah disebutkan siapa. Sampean sudah pada tahu.

Intinya dari media yang saya baca pihak Polantas Metro Jaya sana bisa saja melarang Sunmori jika sekiranya membahayakan. Okelah, sudah saya sebutkan faktanya.

Namun akan lebih bijaksana jika pihak berwajib melakukan penilangan saja. Jangan lantas Sunmori dilarang. Menilang pengendara yang ugal-ugalan, atau yang pakai knalpot brong sepertinya lebih tepat. Dan dengan begini lambat laun pengendara yang ugal-ugalan juga pasti berkurang.

Jadi janganlah Sunmori di-‘gebyah uyah’ sebagai kegiatan yang membahayakan dan harus dilarang. Kasihan yang Sunmori tapi tetap tertib peraturan. Iyo gak Sam? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.