Senyum Rossi pasca FP2 Le Mans. Indikasi Kompetitif?

Diposting pada

Motomazine.com – Pembalap Petronas Yamaha Valentino Rossi temukan secercah asa pasca jalani sesi FP2 MotoGP Le Mans. Sesi latihan bebas hari Jumat kemarin menempatkan Valentino pada posisi sembilan dan tuahkan sedikit senyum pada bibirnya. Fix, hasil kerja keras selama tes Jerez terbayar juga akhirnya. Rossi mampu melaju cukup baik pada trek basah (FP1) dan kemudian punya pace yang bagus ketika lakoni latihan bebas kedua sore harinya dengan kondisi lintasan kering.

Vale sendiri menjadi salah satu pembalap yang tak pernah lepas dari sorotan publik. Banyak yang berharap pembalap 42 tahun ini langsung moncer begitu berlabuh ke tim Petronas. Namun apa boleh dikata, penampilan The Doctor dalam 4 kali balapan perdana sangatlah jauh dari kata  memuaskan. Rossi saat ini hanya koleksi 4 poin saja. Prestasi terburuk bahkan sejak pembalap Italia tersebut hijrah ke Ducati tahun 2011 silam.

Baca juga:

Tips Hadapi Jalan Rusak ala Expert, Simak Skuy

Usut punya usut sepertinya Rossi kaget dengan kinerja David Munoz. Kepala mekanik terbarunya yang menggantikan Opa Galbusera. Dengan Galbusera Rossi lebih fokus pada setelan motor, melihat data telemetri dan bahkan membandingkan dengan data pembalap Yamaha lainnya.

Namun dengan Munoz pendekatannya berbeda. Rossi hanya disuruh fokus untuk berkendara saja. Membalap sebaik mungkin dan memperbaiki race pace. Tanpa harus pusing dengan settingan motor. Bahkan sempat tersiar kalau sekarang ini Rossi bahkan tak paham dengan setelan motornya. Lah?

“Hari ini (Jumat) berjalan baik. Saya mampu melaju cukup baik saat kondisi lintasan basah. Di sore harinya saat lintasan kering aku juga dapat berkendara dengan lebih baik, lebih presisi dan lebih seperti yang aku inginkan. Sangat penting melihat hasil kinerja tes Jerez di sini. Terlebih Yamaha selalu bagus di Le Mans,” tutur pembalap dengan nomor keramat 46 tersebut.

Yaps, Rossi memang mendapat beberapa part baru saat lakoni tes Jerez dua pekan lalu. Tidak disebutkan secara detail part apa saja yang Yamaha bawa untuk Rossi. Tetapi dari beberapa penuturan Rossi terhadap awak media kemarin doi juga sudah mencoba swingarm karbon baru, dan itu bekerja bagus. Hasilnya Rossi bertengger di posisi sembilan di belakang Marc Marquez.

Baca juga:

Modifikasi Yamaha NMAX ala Aprilia Rossi

Pagi ini (waktu setempat) akan dihelat sesi latihan bebas 3 (FP3), FP4 dan kualifikasi (Q1 & Q2) untuk persiapan balapan esok. Go pakdhe Rossi Go!!! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.