Wajib Tahu, 22 Poin Perawatan Motor Yamaha yang lelah Usai Lebaran

Diposting pada


 
Motomazine.com – Silaturahmi Lebaran bertemu dengan sanak saudara dan keluarga telah dijalankan sekaligus menghabiskan waktu libur lalu, seperti yang dilakukan oleh Tirta Samudra (23 tahun), warga Jatisari Mijen, Kota Semarang.
 
Karena adanya larangan mudik, maka dirinya bersama dengan saudara dan teman-temannya akhirnya menghabiskan waktu ke sanak saudara di satu zona, tentunya dengan menerapkan aturan protokol kesehatan.  ”Saya silaturahmi ke rumah paman yang ada di Ungaran, terus lanjut ke eyang yang tinggal di Kendal,” jelas Tirta di Yamaha Flagship Shop, di Jalan Pemuda, Semarang sembari menunggu perawatan sepeda motor Yamaha R25 miliknya.

Baca juga:

Yamaha R2? Inikah si CP2 Pendamping R25?

Meski tidak bisa pulang kampung ke wilayah Jogja, namun bukan berarti dirinya bisa istirahat di rumah. Setelah silaturahmi dengan saudara usai, dirinya bersama teman-temannya melakukan perjalanan wisata ke beberapa daerah di Jawa Tengah. “Kemarin ke Dieng lanjut ke Baturaden. Berangkat jam 06.00 WIB, langsung pulang lagi karena tidak boleh menginap. Sampai rumah jam 21.00 WIB. Capek sih, tapi seneng,” jelas Tirta menambahkan.
 
Usai “menyiksa” Yamaha R25 menjelajah wilayah Jateng Selatan, kini saatnya motor kesayangannya tersebut mendapatkan perawatan. “Untuk perawatan saya selalu melakukannya di bengkel resmi Yamaha dan senantiasa di Yamaha Flaghsip Shop Pemuda Semarang,” jelasnya.
 
Perawatan berkala sepeda motor seharusnya tidak boleh terlewat, jika kendaraan ingin selalu dalam performa yang apik. Hendro Sucipto, Service Advisor Yamaha Flagship Shop Semarang mengatakan, setiap servis sepeda motor, ada prosedur yang dilakukan mekanik.  ”Kami akan selalu berupaya melayani konsumen dengan maksimal. Sehingga masyarakat bisa puas dan motornya bisa digunakan dengan aman dan nyaman, tanpa gangguan pada salah satu komponennya,” ujar Hendro. Ditambahkannya, sebagai informasi kepada konsumen, dirinya coba memberi tahu tahapan yang seharusnya dilakukan mekanik saat menangani kendaraan yang diservis.


 
Setidaknya ada 22 pemeriksaan saat servis dilakukan. ”Khusus untuk sepeda motor injeksi ada tambahan, seperti pemeriksaan sistem injeksi dan mencetak hasilnya, kemudian mengecek indikator Warning Light yang terdapat pada panel indikator,” ungkap Hendro.

Berikut 22 poin prosedur servis Yamaha :

  1. Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
  2. Pemeriksaan fungsi kelistrikan
  3. Pemeriksaan gerak bebas kemudi
  4. Pemeriksaan tegangan dan men-charge aki
  5. Pemeriksaan ban depan dan belakang
  6. Penyetelan handle gas
  7. Penyetelan tuas kopling
  8. Pemeriksaan dan penggantian oli mesin
  9. Pemeriksaan roda dan jari-jari
  10. Pemeriksaan kelayakan ban
  11. Pemeriksaan tekanan ban
  12. Pemeriksaan dan penyetelan rantai
  13. Pemeriksaan baut pengikat
  14. Pemeriksaan dan pembersihan saringan udara
  15. Pembersihan karburator jika perlu
  16. Pembersihan filter oli dan diganti jika perlu
  17. Pemeriksaan air radiator
  18. Pemeriksaan busi dan kompresi mesin
  19. Pemeriksaan aliran oli dan peyetelan klep
  20. Pemeriksaan dan penyetelan putaran mesin
  21. Pembersihan saringan CVT (tambahan untuk skutik)
  22. Pemeriksaan oli gear (tambahan untuk skutik)

Baca juga:

Modifikasi Yamaha NMAX ala Aprilia Rossi


So, motor sampean lelah habis dipakai riding bersilaturahmi bareng sanak keluarga? Langsung saja pijitkan ke ahlinya. Di beres Yamaha yang pasti siap menjamin kebugaran motor sampean kembali. (mmz

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini