Ngulik Langsung Spek dan Harga United E-motor T-1800 di First Showing Jatim

Diposting pada

Motomazine.com – Kemarin (29/5) PT. Integral Motor Indonesia (disingkat IMI juga) secara resmi merilis sekaligus memamerkan, sitilahnya first showing sepeda motor listrik United T-1800 untuk masyarakat Jawa Timur. Mungkin buat telinga sampean sepeda motor listrik sedikit terasa asing. Namun sampean musti siap dengan kenyataan ini. bahwa ke depan sepeda motor listrik ini akan bisa saja menjamur dan bahkan mengalahkan sepeda motor konvensional. Yaps, energi yang terus terbaharukan lah alasannya. Listrik bisa kita ciptakan, sementara minyak bumi? Makin ke sini bakal makin menyusut dan bahkan habis. Inilah yang akhirnya melecut United untuk nyemplung ke ranah sepeda motor berbahan bakar setrum alias baterai bertitel United E-Motor.

PT. Integral Motor Indonesia yang  berperan sebagai distributor tunggal regional di Jawa Timur sebenarnya berangkat dari kendaraan konvensional juga. gak tanggung-tanggung. Sebab mereka berawal dari APM Kendaraan niaga, DAF yang saat ini berkedudukan di Graha Integral, Jalan Raya Taman No. 111, Taman , Kec. Taman, Kab. Sidoarjo. Selanjutnya PT. IMI berkolaborasi dengan PT. Terang Dunia Internusa selaku produsen United Bike untuk menciptakan United E-Motor T-1800 ini. Nah, itu sekilas sejarah hadirnya United T-1800 di Jawa Timur.

United E-Motor T-1800

Seperti namanya, E-Motor, tentu saja United T-1800 merupakan motor full listrik yang memakai bahan bakr dari arus yang dihasilkan oleh baterai untuk kemudian ditransfer ke motor yang nemplok langsung di roda belakang.

Baca juga:

Honda Rancang Motor Listrik berbasis CB125R Neo Cafe

United T-1800 memliki tenaga tangguh karena mengusung motor pengggerak berkualitas tinggi dari BOSCH berkapasitas 60V1800W dengan rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1800 W. Kapasitas baterai lithium yang diusung adalah 60V28 Ah yang apabila dengan kondisi penuh mampu menempuh jarak 60 km dengan kecepatan rata-rata sekitar 50-60 kpj pada mode kecepatan normal. Lohh ada modenya? Ada.. Saat dipindah ke mode sport/turbo, motor listrik ini mampu diajak berlari hingga kecepatan maksimal 70 kpj.

United T-1800 Super Irit biaya Operasional

Bicara biaya  operasional United T-1800 ini bakal ngasih benefit luar biasa ke penggunanya. Bagaimana tidak, pemakaian daya listrik yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 2.425,- untuk satu klai pengisian listrik dengan waktu minimal 2 jam 15 menit. Dengan baterai sebanyak ini sampean bisa melaju hingga 60 kilometer jauhnya.

Adapun itung-itungan benefit yang diperoleh konsumen bisa dijabarkan seperti ini:

  1. Hemat biaya operasional hingga 80% jika dibandingkan dengan BBM. Kita ambil contoh saja Pertalite. Asumsikan 70 kilometer habis 2 liter Pertamax = 15 ribuan
  2. Relatif hemat biaya perawatan
  3. Hemat biaya spare part (tidak ada oli, tidak ada busi, tidak ada filter udara, tidak ada roler,vanbelt, serta part CVT lainnya). Ya, karena United T-1800 ini menggunakan penggerak berupa motor yang langsung terintegrasi dengan roda belakang.
  4. Dukungan Pemprov Jatim insentif BBNKB 90% dan bebas Pajak Kendaraan Bermotor.

Fitur Futuristik yang ada pada United T-1800

United E-Motor T-1800 ini dilengkapi dengan fitur-fitru futuristik yang membuatnya tampil lebih kekinian, diantaranya;

  1. Panel Dispay Full Digital
  2. Semua lampu sudah LED
  3. Tombol Start/Stop Engine
  4. Keyless dan remote
  5. Speaker : terkoneksi bluetooth untuk audio, radio dan mode suara kendaraan (bisa dangdutan sambil jalan)
  6. Speed mode : ada 3 mode kecepatan dengan tombol one click overtaking guna melecut si motor saat hendak menyalip
  7. Mode mundur : gak cuman motor roda 3 yang bisa
  8. Alarm : sebagai fitur anti maling
  9. Sakelar Panel : Sebagai sakelar daya utama saat posisi parkir/berhenti
  10. Cut off energi motor : Ada pada kick stand dan rem tangan kiri serta kanan jika ditekan. Motor lebih aman saat berhenti atau parkir.
  11. Suspensi : dual shock membuat handling lebih stabil
  12. ban depan dan belakang : Maxxis tubeless berukuran 12 inci
  13. Rem : Cakram depan belakang dengan rem depan 4 piston dan rem belakang 2 piston
  14. Swingarm ala-ala banana membuat kesan mewah (ala-ala moge)
  15. motor BOSCH : Memliki daya 1800 watt dengan output yang sempurna karena tidak ada tenaga yang terbuang percuma melewati drive

United T-1800 sendiri hadir dalam 4 pilihan warna diantaranya doff black, doff lue, doff grey dan pearl white. Untuk sementara yang sudah ready baru warna doff black. Namun outlet resmi yang saat ini ada di  Ruko Gateway Blok A No 01-02 Waru Sidoarjo akan terus memenuhi keinginan calon konsumen.

Sebab kemarin nih, berbarengan dengan first showing united E-Motor, PT IMI juga telah menyiapkan outlet premium yang bertempat di Graha Airi Jl. Kedungdoro 101-102 Surabaya. Lebih jauh, daerah-daerah seperti Gresik, Malang, Madiun, Kediri dan Jember akan segera menyusul.

Garansi United T-1800

Setiap pembelian United E-Motor konsumen akan memperoleh garansi komponen kelistrikan berupa charger, battery, controller dan motor selama 12 bulan (1 tahun) dan garansi sasis selama 5 tahun.. Untuk pembelian konsumen juga mendapatkan helm dan jaket serta box premium berisikan buku manual, 2 kunci dan 2 keyless serta charger premium dengan kipas agar selalu dingin saat melakukan pengecasan. Kontak service juga sudah ada yakni di mobile phone 0895 0101 45567

Q & A seputar United T-1800

Dalam acara first showing kemarin banyak sekali pertanyaan yang muncul terkait motor listrik United ini diantaranya adalah:

  1. Cara mencuci : Disarankan mencuci dengan air mengalir biasa, jangan bertekanan tinggi terutama pada komponen seperti speaker, colokan charger, dan tempat baterai
  2. Modifikasi : Motor ini bisa dipasangin pannier atau lampu-lampu. Konsekuensinya jarak tempuh tentu berkurang karena setrum juga dibagi dengan lampu
  3.  Apakah akan ada model lain? Ke depan hal itu pasti terpikirkan
  4. Motor ini aman menerjang banjir dengan syarat ketinggian air tidak melebihi setengah roda
  5. Baterai bisa diganti (ada baterai cadangan) dengan harga Rp 6 jutaan
  6. Masa baterai sekitar 6 tahunan
  7. Target penjualan 75 unit perbulan
  8. Material 50% asli Indonesia 50% impor (motor BOSCH T-1800)
  9. Pengecasan butuh listrik spesifikasi 220V dengan daya minimal 1300W
  10. Nantinya akan diperbanyak stasiun pengisian listrik umum yang saat ini juga sudah dibicarakan dengan pihak-pihak terkait
  11. Sudah ada masukan ke instansi-instansi terkait dalam rangka kampanye go-green dan hidup yang lebih sehat

Baca juga:

Perhatikan Hal ini Saat Mencuci Motor dengan Air Bertekanan Tinggi

Harga United T-1800

Sekarang untuk harga, United E-Motor T-1800 ini dihargai dengan banderol Rp 29.500.000,- OTR Jawa Timur.

So buat yang penasaran monggo silahkan merasakan langsung sensasi United T-1800 si motor listrik ini. Mmz sudah testride langsung sih… Cuman masih mau saya unggah di youtube. Semoga berguna (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.