Pol Espargaro: Saya tak pernah Secepat ini di Honda

Diposting pada

Motomazine.com – Pembalap Repsol Honda Pol Espargaro menjadi yang  tercepat hari ketiga tes pramusim resmi MotoGP 2022. Pembalap Spanyol tersebut berhasil membawa Honda melaju cepat menorehkan laptime yang bahkan sedetik lebih cepat dari laptime motor WSBK. Tahun 2021 kemarin Toprak Razgatlioglu berhasil mencetak laptime di angka 1 menit 32 detikan. Dan hari ketiga kemarin Pol torehkan angka 1m31.060. Apa sih resepnya? Pol Espargaro sendiri mengaku tak pernah secepat itu di Honda.

Mengejutkan melihat  performa Pol Espargaro dengan Honda RC213V versi 2022. Yups, HRC menurunkan RC213V versi 2022 yang benar-benar baru secara tampilan bodi dan desain. Paket aeronya yang paling kelihatan. Berbanding dengan RC213V model 2021, motor ini benar-benar berbeda. Approachnya justru ke Ducati.

Yang paling terlihat berbeda tenntu saja aero package bagian depan. Front cowl area windshield, air duct, sampai wingletnya berubah semua. Termasuk penampang fairing samping dan sasis yang terus Pol dan Marc coba.

Bagian paling menonjol yang membedakan Honda RC213V versi 2022 kemudian tentu saja bagian buritan. HRC membuat buritan RC213V versi 2022 lebih menggembung seperti membawa ‘salad box’ juga. Ini Ducati banget. Sampai knalpot undertail nya pindah agak ke samping. Mirip yang Aprilia juga lakukan.

“Treknya meningkat pesat. Pagi hari treknya bagus, tapi saat sorenya gripnya meningkat lebih bagus. Di akhir, laptime menunjukkan potensi tinggi motor ini. Paling tidak satu lap, dan ini jauh lebih bagus dibanding tahun lalu. Kami juga tak begitu buruk di simulasi balap. Motornya lebih aman dari sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini sangat penting mendapatkan kepercayaan diri sebelum membalap di Qatar,” tutur Pol seperti dilansir dari paddcokGP.

“Jujur saya harus berkata, biasanya saya sangat kesulitan dengan tempat yang bercuaca panas. Dalam kondisi seperti ini saya tak bisa berkendara seperti yang saya inginkan. Tapi di sini dan Malaysia, kami bisa berkendara dengan bagus. Dan itu sangat penting bagiku, baik putaran tunggal atau simulasi balap. Saya rasa kita siap untuk Qatar,”  

Saya tak pernah secepat ini sebelumnya, dan saya tak pernah sebagus ini di Honda. Tapi saya sadar ini hanyalah tes, yang tak menghasilkan satu poin pun. Namun ini menandakan bahwa kami siap untuk Qatar, kami telah bekerja cukup baik.” Tambah pembalap bernomor 44 tersebut.

Yaps, sebuah progress luar biasa bagi pabrikan sultan sekelas Honda. RC213V versi 2022 memulai debutnya di tes Jerez. Dan saat lakoni tes pramusim di Sepang dan Mandalika si RC213V terbaru ini mampu tunjukkan potensi terbaiknya. Good job lah. Qatar bakalan ramai ini. (mmz)

Hasil tes pramusim MotoGP Mandalika hari ke tiga

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini