Nyetir sambil Nyeker Berbahaya? Ini Faktanya!

Diposting pada

Motomazine.com – Kebiasaan orang menyetir mobil berbeda-beda. Kebanyakan mereka punya ritual masing-masing untuk membuat nyaman hingga merasa lebih percaya diri. Salah satunya adalah bertelanjang kaki atau nyeker. Bagi sebagian orang kebiasaan ini memang menguntungkan. Walaupun pada akhirnya mereka bakal sadar bahwa memakai alas kaki saat mengemudi jauh lebih aman dan nyaman.

Mmz sendiri menjadi bagian dari nyekermen. Awal-awal belajar nyetir melepas alas kaki aka nyeker mampu berikan keuntungan tersendiri. Yang paling utama adalah feeling pedal gas dan rem. Dengan bertelanjang kaki sampean bisa merasakan pergerakan pedal gas, rem dan kopling (MT) dengan lebih baik. Efeknya, mobil bisa sampean kendarai dengan lebih mulus.

Namun seiring berjalannya waktu kebiasaan ini saya tinggalkan. Alasannya saat itu simpel banget. Jadi tungkai saya mendadak melepuh karena harus nyetir luar kota selama 6 jam perjalanan. Pergi pulang jadinya 12 jam. Nah di situlah saya mulai belajar bagaimana me-manage ‘tungkak’ supaya tetap utuh.

Awalnya pakai sandal. Tapi banyak yang berpendapat kalau pakai sandal justru berbahaya. Resiko sandal tersangkut di pedal gas atau rem sangatlah besar. Ini jelas berbahaya. Saya pun pernah mengalami hal tidak mengenakkan ini.

Nah belajar dari pengalaman saya pun membiasakan memakai sepatu. Awalnya sneakers dengan sol tipis untuk menjaga telapak kaki tetap bisa merasakan getaran pedal. Dan lambat laun, sekarang mau pakai pantofel sekalipun juga sudah terbiasa.

Intinya gini, namanya menyetir, mengemudikan mobil, memang butuh proses pengalaman serta jam terbang. Semakin banyak jam terbang dan memori kejadian (tak terduga) yang terekam ke otak, kita pun akan semakin berproses lebih baik dan waspada.

Dan setelah melihat penuturan om Jusri lewat detik, ternyata mengemudikan kendaraan tanpa alas kaki alias nyeker bisa membahayakan. Faktanya memang masuk akal. Pakar keselamatan berkendara tersebut merujuk pada keadaan kurang mengenakan. Amit-amit sih. Cuman kalau sampean diharuskan (emergency) dan harus sesegera juga keluar dari kendaraan, ini yang berbahya. Panik dengan kondisi kaki tak terlindungi. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini