Tips Kontrol Bukaan Gas dalam Berkendara Sepeda Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Salah satu teknik berkendara sepeda motor yang penting untuk dikuasai pengendara adalah berakselerasi dengan halus dengan dibantu teknik bukaan gas atau throttle yang tepat. Terutama bagi Anda yang berjiwa muda dan para penyuka kecepatan dengan mengandalkan akselerasi yang cepat, bukaan gas yang tepat saat berkendara tentu saja dapat memberikan performa yang lebih baik bagi pengendaranya.

Berkendara sepeda motor memerlukan teknik bukaan gas yang tepat, karena apabila ada kesalahan dalam pengoperasian gas di sepeda motor, pengendara beresiko kehilangan pengendalian sepeda motor yang dikendarai, karena ban motor bisa slip dan terjadi kecelakaan. Ditambah dengan kondisi jalan yang terkadang licin karena genangan air, jalan tidak rata maupun jalan berpasir yang membuat resiko ban selip saat akselerasi lebih tinggi.

Danang Hermanto, instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, memberikan beberapa tips kontrol bukaan gas dalam berkendara sepeda motor :

  1. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman di motor, posisi duduk tidak terlalu maju ke depan ataupun terlalu mundur di jok motor, agar posisi tangan tidak terlalu menekuk maupun menjulur ke depan.
  2. Bahu, siku dan pergelangan tangan dalam posisi rileks, kondisi rileks memudahkan dalam mengoperasikan gas motor, karena akan lebih halus saat akselerasi.
  3. Saat memutar gas menggunakan telapak tangan, gunakan gerakan memutar dengan memanfaatkan pergelangan tangan, agar tetap bisa bermanuver saat melakukan akselerasi.
  4. Buka gas secara halus, selalu cek keadaan jalan di depan, apabila terdapat halangan seperti genangan air, pasir ataupun kerikil, perlu lebih hati-hati dalam menarik gas motor.
  5. Gunakan fitur Traction Control System (TCS), fitur ini bisa kamu temukan pada matik Yamaha All New Nmax 155 Connected/ABS dan Yamaha Xmax 250. Fitur TCS dapat membantu pengendara dalam berakselerasi, dimana fitur TCS berfungsi mencegah selip pada ban belakang, karena tenaga mesin yang tersalurkan ke ban sudah dikontrol oleh sistem TCS.

Dengan menerapkan sejumlah poin tips tersebut, diharapkan kontrol bukaan gas saat berkendara bisa lebih aman, karena dengan bukaan gas yang tepat, akselerasi motor juga bisa lebih halus dan cepat dalam berkendara. Semoga berguna (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini