Yamaha

Yamaha Rilis Grand Filano. Satu lagi Skutik Classy Harga Rp 27 Jutaan!

Diposting pada

Motomazine.com – Hari ini bertepatan dengan laucnhingnya team Monster Energy Yamaha MotoGP 2023, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi merilis Grand Filano 125 Hybrid Connected. Motor yang namanya panjang ini melengkapi line-up motor classy Yamaha yang sebelumnya diisi Fazzio dan Fino. Untuk harga, Yamaha berikan banderol yang sangat bersahabat yakni mulai Rp 27 juta OTR Jakarta.

Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected sendiri menjadi satu produk yang sangat ditunggu antusias sekutik tanah air. Mereka yang ngidam Vesmet bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya ada paket hemat yang dapat mereka peroleh dengan memboyong Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected ini.

Secara desain motor ini mirip banget dengan Yamaha Nozza Grande yang sebelumnya rilis di Vietnam. Memakai bodi ala-ala Vespa lengkap dengan lampu depan di tebeng berbentuk oval lancip membuat tampilan klasik skutik ini makin terasa.Lampu depan yang sudah mengandalkan penerangan model LED membuat motor ini terkesan modern meskipun mengusung bodi layaknya motor Vespa nan klasik.

Beralih ke bagian bawah, hadir lampu sein tipis vertikal di bagian sayap. Honestly, sentuhan ini menambah bodi Yamaha Grand Filano ini jadi lebih eye catching lagi. Terlebih shape sayap dan dasi depan yang mengalir membuat Grand Filano terlihat lebih aerodinamis. Satu yang menjadi ganjalan mungkin desain velg-nya. Masih memakai model ini sejak awal-awal kemunculan skutik Yamaha. Mungkin kalau YIMM sudi meredesain bentuk velg Grand Filano ini dengan palang yang lebih lebar, akan jauh lebih manis.

Berbeda dengan Yamaha Fazzio, si Grand Filano ini mengusung metode pengisian bensin layaknya Yamaha FreeGo. Yaps, lubang pengisian bahan bakarnya ada di sebelah kiri, bawah stang. Jadi sampean gak perlu ribet-ribet lagi ngebuka jok untuk melakukan pengisian bensin.

Yamaha Grand Filano dibekali dengan mesin 4 tak 125cc SOHC blue core plus hybrid. Kinerjanya sama dengan Yamaha Fazzio. Hadir tenaga tambahan untuk membantu akselerasi motor di awal. Disematkannya SMG juga membuat starter Grand Filano ini jauh lebih mulus. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan power maksimum on-crank 6,1 kW atau setara dengan 8,3 PS pada 6.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimum mencapai 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Fitur lainnya adalah smart stop system yang sebelumnya juga sudah hadir di skutik-skutik Yamaha seperti Gear 125 dan Fazzio sendiri. Dengan fitur ini Yamaha mengklaim konsumsi bahan bakar Grand Filano 125 Hybrid Connected sangatlah irit. Bisa nembus 60,2 km/liter berdasarkan pengujian internal.

Yamaha Grand Filano 125 juga dibenamkan teknologi konektifitas dengan ponsel (Y-Connect) dimana dengan fitur ini pengendara dapat memantau email, panggilan, pesan (SMS), rekomendasi servis dan oli, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, putaran mesin, dan juga fitur pelacakan jarak perjalanan. Juga dibenamkan teknologi konektifitas dengan ponsel (Y-Connect) dimana dengan fitur ini pengendara dapat memantau email, panggilan, pesan (SMS), rekomendasi servis dan oli, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, putaran mesin, dan juga fitur pelacakan trip perjalanan.

Dari sekian banyak fitur dan teknologi mesin hibrida ringan yang dibenamkan pada Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected ini, motor skutik terbaru dalam jajaran Classy Yamaha di Indonesia ini dibanderol pada harga Rp. 27.000.000 untuk tipe Neo (pilihan warna dull Blue, Black, Beige dan Red) dan Rp. 27.500.000 untuk tipe Luxury (pilihan warnanya Matte Blue dan White Pearl) On The Road Jakarta.

Penantian yang lumayan lama sejak Grand Filano dijual dengan status CBU oleh YIMM akhirnya rilis juga secara lokal. Oh ya, akibat tangki bahan bakar yang berpindah tempat, Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected mampu menambah volume bagasi hingga 27 liter. Hmm.. makin berfungsi maksimal ini! Yang sudah penasaran, silahkan gas ke dealer Yamaha terdekat. (mmz)

Spesifikasi Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected

Engine Type Blue Core Hybrid, air cooled, 4 stroke, 2 valve, single cylinder
Cylinder Layout Single Cylinder
Cylinder Displacement 125 cc
Diameter & Stroke Piston 52.4 x 57.9 mm
Compression Ratio 11.0 : 1
Maximum Power 6,1 kW (8,3 PS) @ 6,500 rpm
Maximum Torque 10,4 Nm (1,1 kgf.m) @ 5,000 rpm
Starting System Electric Start
Lubrication System Lubrication
Ignition System TCI (digital)
Clutch System Dried
Transmission Ratio 2,216 – 0,748 : 1
Frame Type Underbone
Steering Axis Deviation 26,7°
Front Brake Hydraulic single disc brake
Rear Brake Drum brake
Front Tire 110/70 – 12 47L
Rear Tire 110/70 – 12 47L
Front Shock Absorber Telescopic fork
Rear Shock Absorber Oil spring damper
Headlight LED
Overall Length 1820 mm
Overall Width 684 mm
Overall Height 1155 mm
Ground Clearance 127 mm
Wet Weight 101 kg
Engine Oil Capacity 0,84 L
Fuel Tank Capacity 4,0 L
Fuel Consumption 60,24 Km/L (claimed)

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini

Jatimotoblog