Ketahui Cara Penting Merawat Saklar Starter Sepeda Motor biar Awet

Diposting pada

Motomazine.com – Saklar starter adalah bagian pada motor yang kerap luput dari perhatian. Padahal saklar starter yang posisinya ada di setang juga memerlukan perawatan. Fungsi saklar starter pada motor adalah untuk menghidupkan mesin.Β DenganΒ posisi saklar starter motor yang rentan terkena kotoran, debu, air, maka konsumen perlu memperhatikan perawatan komponen ini. Karena jika tidak dirawat, bisa mengakibatkan timbulnya karat atau tumpukan kotoran sehingga mengganggu fungsi saklar starter motor.

Untuk itu, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan tips perawatan saklar starter motor sebagai berikut :

1.Pembersihan

Saat ini cuaca tidak menentu, terkadang hujan tiba-tiba juga langsung panas. Hal tersebut membuat motor juga lebih cepat kotor. Selain membersihkan bagian luar motor, terdapat part yang perlu juga diperhatikan kebersihannya seperti halnya saklar starter motor. Karena saklar starter mudah terkena kotoran saat motor sedang digunakan, Anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan cara menyemprot bagian saklar starter menggunakan cairan khusus pembersih saklar starter. Karena jika saklar starter kotor bisa mengakibatkan korsleting sehingga membahayakan komponen kelistrikan lainnya pada motor. Cairan khusus pembersih saklar starter dapat menghilangkan kotoran di saklar starter, menjadikan komponen saklar starter bersih dan memperpanjang usia saklar starter.

2.Jangan memodifikasi yang berlebihan

Hindari memodifikasi berlebihan hal-hal terkait kelistrikan pada motor dan di luar standar pabrikan. Karena selain berpengaruh pada garansi yang sudah diberikan pabrikan, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen listrik jika memodifikasi secara sembarangan. Bahkan ada beberapa kasus motor terbakar karena kesalahan modifikasi pada saklar starter.

3.Selalu melakukan perawatan motor di bengkel resmi

Karena jika saklar starter bermasalah dan dibawa di bengkel resmi, maka akan langsung dilakukan pergantian part yang sesuai standar pabrikan, dijamin asli dan ada garansi sehingga menjaga motor agar kondisinya tidak bermasalah.

Itulah beberapa tips penting menjaga agar saklar starter sepeda motor sampean semua tetap berfungsi secara api dan normal. Kalau starternya normal kan enak. Tinggal pencet, dan ngueng!!! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini