Yamaha NMAX Penyumbang Terbesar Suksesnya Penjualan MAXI Series

Diposting pada

motomazine.com – Siapa yang tak kenal dengan Yamaha NMAX? Skuter matic keluaran Yamaha yang sempat menjadi pergunjingan di awal kehadirannya. Yaps, saat itu, 2015 silam Yamaha secara mengejutkan mendobrak tren sepeda motor matic tanah air dengan menghadirkan NMAX. Skutik gambot dengan ergonomi lain. Tapi siapa sangka, makin ke sini NMAX semakin diminati, dan terbukti sukses mengangkat penjualan sepeda motor Yamaha, terutama MAXI series.

Yamaha secara cerdas mengklasifikasikan sepeda motornya pada varian-varian tertentu. Mulai dari sport, moped, MAXI, Classy, matic itu sendiri hingga off-road. Nah si NMAX ini, hadir di kelas MAXI, bersamaan dengan XMAX, Aerox dan LEXi. Yamaha LEXi baru saja mendapatkan update yakni LEXi LX, kemudian disusul dengan Yamaha NMAX dengan varian terbarunya, NMAX “Turbo”.

Kalau kita cermati sekarang ini, Yamaha NMAX seolah menjadi standar tersendiri bagi pecinta roda dua. Istilahnya NMAX sudah menjadi motor impian yang selalu diidamkan para pecinta roda dua. Bahkan di salah satu sekolah tinggi di kota mmz, NMAX ini sudah jadi tolok ukur pengkastaan. Motornya NMAX, Hp nya ipho*e.

Jadi ya… memang harus diakui, kehadiran NMAX ini menjadi standarisasi tersendiri bagi pengguna sepeda motor di tanah air. Saya sendiri yang kebetulan juga miara NMAX generasi 1.1 (speedometer cluster kotak) merasakan bahwa punya NMAX memang sesuatu. Walaupun akhirnya hampir semua orang di RT saya beli NMAX, dan saya jadi gak istimewa lagi. Tapi itulah faktanya, banyak sekali peminat NMAX ini.

Bicara kelas MAXI Yamaha, hingga saat ini Yamaha NMAX masih menjadi penyumbang penjualan terbesar. Ditambah lagi dengan hadirnya NMAX “Turbo” yang jadi standart baru matic kelas 150cc.

Bagaimana tidak, Yamaha dengan berani mencangkokkan Y-ECVT yang mengatur kirian NMAX bukan lagi dengan roller untuk menggerakkan pulley depan, melainkan motor elektrik yang dikendalikan Transmission Control Unit (TCU) yang mendapatkan input dari sensor pulley primer dan sekunder.

Hasilnya tentu saja akselerasi lebih cepat, mesin lebih halus dan pada kasta tertinggi NMAX Turbo hadir juga tombol Y-shift untuk mengatur mode berkendara. Kalau yang sudah nyobain di mesin dyno sih katanya hadir semacam engine brake saat kita mengurangi gas. Lebih jelasnya ya nanti saat Yamaha DDS Madiun ngundang saya buat testride.

Untuk Yamaha NMAX “Turbo” terbaru ini, Yamaha Madiun Kediri sudah membanderol harganya sebagai berikut:

TYPE HARGA OTR MANDIRI
NMAX NEO Rp 33.500.000
NMAX NEO S Rp 34.500.000
NMAX “TURBO” Rp 38.550.000
NMAX “TURBO” TECH MAX Rp 44.050.000
NMAX “TURBO” TECH MAX ULTIMATE Rp 46.050.000

Dan berikut Spesifikasi Yamaha NMAX terbaru

Spesifikasi NMAXTURBO

Tipe Mesin : 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT
Tipe Mesin Neo : 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC
Jumlah/Posisi Silinder : Single Cylinder
Volume Silinder : 155.09 cc
Diameter x Langkah : 58 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi : 11.6 : 1
Daya Maksimum : 11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 14.2 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter
Sistem Pelumasan : Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin : 1 L (Turbo), 0.9 L (Neo)
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Single Dry Clucth
Tipe Transmisi : Automatic
Tipe Rangka : Underbone
Suspensi Depan : Teleskopic
Suspensi Belakang : Unit Swing
Ban Depan : 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang : 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan : Hydraulic Single Disc Brake
Rem Belakang : Hydraulic Single Disc Brake
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini