Yamaha Jamin Durability Mesin NMAX Turbo. Jangan Takut Jebol!

Diposting pada

motomazine.com – Yamaha NMAX Turbo sukses menarik perhatian publik. Terbukti, di acara first impression Yamaha NMAX Turbo yang dihelat Yamaha DDS Madiun Kediri kemarin, banyak sekali warga masyarakat yang kepo, bahkan kami dari blogger dan media pun tak kuasa menahan birahi untuk segera mencicipi motor dengan embel-embel Turbo tersebut. kekepoan demi kekepoan berlangsung, dan sampailah saya pada pertanyaan favorit. Pertanyaan seputar mesin!

Jadi begini, Yamaha DDS Mandiri menerjunkan Pak Hendro dari divisi marketing, pak Victor dari Teknis dan Pak Panca selaku penanggungjawab after sales. Banyak sekali ilmu yang saya dapat, baik di depan maupun di belakang layar. Pertanyaan yang saya layangkan terkait dengan durability mesin si NMAX Turbo ini. Piranti Y-Shift yang disematkan sejujurnya membuat saya ragu dengan kemampuan mesin menahan efek-efek engine brake yang dihasilkan.

Pertanyaan saya layangkan ke Pak Panca yang memang sudah terbiasa menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini. Jawaban beliau ternyata cukup membuat rasa penasaran saya terobati.

Jadi Yamaha NMAX Turbo ini ternyata memakai mesin yang baru, berbeda dengan NMAX versi 2 atau NMAX STD dan NMAX NEO sekalipun. Yamaha menerapkan silinder baru dengan model mirroring, mencegah penguapan oli berlebih.

Selebihnya Yamaha juga menggunakan material-material yang lebih advance dari part-part sebelumnya. Jadi meskipun kita sering menggunakan Y-Shift untuk akselerasi maupun desaselerasi, nyatanya itu tak akan membuat mesin cepat kopyor. Pesan Pak Panca, selama kita tidak melakukan modifikasi berlebih pada mesin, kirian misalnya, part-part yang ada sudah pasti terjamin keawetannya.

Sebelum NMAX Turbo ini dirilis, Yamaha juga sudah melakukan tes durability dengan total jarak tempuh 30.000 kilometer dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Sejauh ini semua part bekerja secara optimal.

Jadi kalaupun Y-Shift sering digunakan untuk akselerasi dan desaselerasi, nyatanya hal tersebut akan tetap aman-aman saja. Pemirsa jangan khawatir mesin atau CVT NMAX Turbo sampean bakal brodol. Yamaha sudah menggaransi mesin dan rangka NMAX Turbo ini selama 5 tahun terhitung dari pembelian.

Satu pesan tambahan dari Pak Panca adalah, jangan menambahkan modifikasi berlebih yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu tot tot wiu-wiu atau sejenisnya. Karena itu akan mengurangi kemampuan baterai yang sudah disetting sedemikan rupa oleh ECU, berikan pasokan energi yang pas untuk kegunaan kelistrikan standard Yamaha NMAX Turbo.

Jadi dipastikan mesin Yamaha NMAX Turbo ini sudah menjalani tes durability, dan dipastikan aman untuk sampean kendarai, bahkan geber sesuai dengan kewajaran. Itu yang penting. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini