Impresi Ngetes NMAX TURBO yang Beneran TRUBRO!

Diposting pada

motomazine.com – Yamaha STSJ Jatim selaku main dealer penjualan sepeda motor Yamaha di Jawa Timur, Kaltengsel dan NTT baru saja menggelar sesi test ride untuk blogger dan media. Tidak kaleng-kaleng, sesi test ride digelar di sirkuit kebanggan anak  muda Surabaya, Sirkuit Gelora Bung Tomo yang ada di daerah Benowo. Acara sendiri digelar saat aspal mulai menemukan suhu terbaiknya. Dan berikut impresi yang mmz bisa rasakan saat memacu Yamaha NMAX Turbo, sebebas-bebasnya, sepecicilan mungkin! Ini sirkuit Bro!

Jadi ada beberapa sesi yang digelar. Kami kejatah sesi siang, yakni jam 12.30 WIB, ketika matahari lagi terik-teriknya dan grip aspal sudah maksimal. Di situlah kesempatan mengeksplore kemampuan si NMAX TURBO ini terbuka lebar.

Tes NMAX media STSJ

Secara mengejutkan Pak Will selaku Manager Promosi memberikan kesempatan 10 lap bagi kami untuk merasakan sensasi “TURBO” Yamaha NMAX ini. Dan berikut impresi awal yang bisa mmz gali buat pemirsa semua.

1. Ergonomi

Yamaha NMAX TUBRO masih pertahanakan ergonomi berkendara santai premium ala-ala NMAX sebelumnya. Jok didesain ulang sehingga berikan ruang gerak lebih lega bagi biker. Bodi jok yang lebar membuat kita bisa duduk dengan nyaman dan alhasil berpengaruh pada peningkatan feeling berkendara.

Saya sengaja tidak mencoba mode selonjoran. Walaupun ada tapi bagi saya kurang tepat rasanya selonjoran kaki di sirkuit yang notabene membutuhkan handling maksimal agar motor tak ngeloyor keluar lintasan. Secara feel ergonomi berkendara di NMAX TURBO ini lebih mirip ke NMAX v2.

2. Performa

Bicara performa, Yamaha sukses membuat saya kaget. Oke ini motor 150-an cc. Kalau dibandingkan XMAX dan bahkan TMAX tentu jauh! Cuma kali ini kita kan bahasnya NMAX yang mesinnya 155cc SOHC Blue Core VVA. Ya sudah kita maksimalkan saja ini.

Seperti diketahui, Yamaha NMAX TURBO kini dilengkapi fitur keren bernama Y-Shift. Tombol yang terletak di stang sebelah kiri di bawah klakson ini menjadi peran penting sensasi TURBO di NMAX.

Yamaha NMAX TURBO sendiri hadir dalam dua mode berkendara yakni T-Mode dan S-Mode. Selama sesi tes berlangsung, saya sama sekali tak menggunakan T-Mode, karena saya memang sengaja mengejar performa maksimal si NMAX TURBO.

Begitu kita diijinkan masuk ke sirkuit, saya langsung melesat sendirian di depan dan memahami ulang racing line sirkuit Gelora Bung Tomo. Oke lap  pertama selesai. Waktunya kita gaspol!

Jambakan Y-Shift mode 1-2 ke 3 ternyata cukup terasa di sini. Akselerasi NMAX TURBO terasa lebih spontan, dan membuat raihan topspeed lebih cepat tergapai. Masuk ke T1 langsung tutup gas dan pencet tombol Y-Shift lagi. Pencet sekali dan dua kali, mesin langsung meraung menciptakan efek engine brake.

Gaspol lagi hingga sampai di T2, dan di sinilah Y-Shift ini membantu sekali mengurangi tenaga NMAX TURBO. T2 ini sedikit menjebak. Kalau pemirsa terlalu bernafsu, otomatis anda melebar.

Oke, secara garis besar Yamaha NMAX TURBO ini berikan sensasi baru nunggang motor matic. Sensasi yang biasanya begitu-begitu saja kini berubah dengan hadirnya tombol Y-Shift sebagai “mainan” saat berkendara. Secara performa sudah jelas, NMAX TURBO jauh meningkat dibanding NMAX v1 dan v2.

3. Suspensi dan Pengereman

Menjawab banyak rasa penasaran dari netizen. Yamaha NMAX TURBO ini hadir dengan dua mode penyetelan suspensi belakang (TECHMAX ULTIMATE). Untuk Yamaha NMAX TURBO hanya punya satu setelan preload saja. Tapi begitu, sudah berikan banyak perbedaan. Suspensi belakang bekerja lebih lembut dan meredam getaran bahkan bodi yang geal geol akibat pengereman yang saya lakukan.

Berkali-kali saya mencoba hard brake, dan ajib! Fitur rem ABS dual channel pada NMAX TURBO berikan rasa PeDe yang lebih. Pemirsa tak perlu khawatir ban terkunci dan ngesot.

Untuk pengereman, dari dulu saya sangat suka dengan rem motor Yamaha. Empuk, feelnya bagus dan ajib lah pokoknya. Pemirsa tak perlu ragu untuk mengerem sejadi-jadinya (untuk versi TURBO dengan ABS).

Untuk NMAX STD atau NEO S, diperlukan kehati-hatian yang lebih. Rem depan dan belakangnya masih menggunakan rem cakram konvensional tanpa tambahan ABS. Jadi pemirsa tidak bisa seenak hati ngerem dengan brutal.

Conclusionnya, setelah 1o kali putaran dengan Yamaha NMAX TURBO dan NEO S, saya bisa mengambil kesimpulan si NMAX generasi terbaru ini mampu berikan performa yang lebih baik. Apalagi NMAX TURBO yang jelas-jelas ketambahan fitur YECVT dan Y-Shift.

Sedikit kekurangannya, karena NMAX sendiri diciptakan sebagai motor premium sporty, dengan GC yang lumayan rendah, berkali-kali saya merasakan getaran dan suara “grookkkk” saat bordes bawah beradu dengan aspal. Tapi itu bukan kesalahan si NMAX, melainkan kesalahan rider yang terlalu bernafsu 😆 .

Overall Good J0b untuk Yamaha yang sudah menghadirkan NMAX TURBO ini. Saya yakin akan banyak yang kepincut dengan desain, fitur dan performa yang dihadirkan oleh NMAX TURBO ini. NMAX TURBO beneran TRUBRO! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini