Sensasi Nunggang Yamaha NMAX NEO S. Lebih Nampol dari TURBO?

Diposting pada

motomazine.com – Pekan kemarin mmz berkesempatan menjajal langsung performa Yamaha NMAX NEO S di sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya. Kita bicara sirkuit serta unit yang bisa kita pakai semau-maunya, dalam koridor kewajaran tentunya. Kita bisa dengan bebas mengeksplor kemampuan sebenarnya unit yang disediakan Yamaha STSJ Jatim ini. Dan beginilah sensasi nunggang Yamaha NMAX NEO S. Apakah benar lebih gacor dari NMAX TURBO?

FYI, dalam sesi test ride tersebut mmz mendapat jatah 5 lap dengan NMAX Turbo TECHMAX dan 5 lap lagi dengan NMAX NEO S. JAdi cukup lah buat pembanding seberapa mantap performa keduanya.

Mungkin kita akan sedikit terdistorsi dengan embel-embel “TURBO”, Y-Shift, Y-ECVT dan tetek bengeknya. Tapi sadarkah pemirsa kalau selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah performa?

Yamaha NMAX TURBO TECHMAX punya bobot yang lebih berat ketimbang NMAX NEO S. NMAX NEO S yang beratnya 3 kilogram lebih ringan dari NMAX TURBO (133 kg) dan 5 kilogram lebih enteng dari NMAX TURBO TECHMAX Ultimate ternyata punya sumbangsih kekuatan tersendiri.

Test Ride NMAX STSJ

Secara akselerasi NMAX NEO S ini ternyata gak kedodoran banget. Dibanding NMAX v2, akselerasi si NEO S jelas lebih cepat. Hal ini dikarenakan adanya pembaruan di sektor mesin. FYI, NMAX NEO S pakai mesin yang mirip dengan LEXI LX, jadi secara performa juga jelas beda.

Dibandingkan Yamaha NMAX TURBO sekalipun, si NMAX NEO S ini paling ketinggalan sekitar 0,2 detikan saja. Tipis banget. Secara feeling emang NMAX TURBO lebih nendang, karena ada fitur Y-Shift. Tetapi untuk pemirsa yang suka kepraktisan, tidak repot menghafalkan tombol di stang kiri, jelas NMAX NEO S bisa dijadikan alternatif pilihan.

Bicara performa di lintasan sirkuit, kita tentu tak dapat menghindarkan yang namanya pengereman dan stabilitas. Nah ini yang membuat saya bias, antara NMAX TURBO dan NMAX NEO S ini. Kenapa?

Saya memperlakukan kedua motor ini dengan perlakuan yang sama. Full throttle dan juga late brake semampunya, termasuk lean angle yang semaksimal mungkin. Awalnya saya sedikit ragu saat mengerem dengan NMAX NEO S ini. Remnya dual disc brake konvensional. Dan benar saja, saat mencoba menambah torsi pengereman dengan mengurangi jarak mengerem, terasa sesaat ban belakang berdecit. Wussshhh…!!! (ungkap saya dalam hati).

Namun dengan bertambahnya putaran, secara pasti saya mampu memaksimalkan pengereman si MMAX NEO S ini. Jadi ya beti aja dibanding NMAX TURBO. Bedanya kita bisa mengerem si NMAX TURBO dengan lebih brutal dikarenakan ada fitur dual ABS di rem cakramnya. Aman pol!!! Tak takut ban ngunci.

Untuk lean angle, tak banyak yang bisa saya jabrkan. Baik nunggang NMAX NEO S dan NMAX TURBO, bordess bawah sama-sama berbunyi sroookkkk….!!!  Jadi ya apa yang mau dimaksimalkan. Miringnya segitu-gitu aja. Jadi yawesss…

Intinya performa NMAX NEO S dan NMAX TURBO di sirkuit tak berikan banyak perbedaan. Fakta berbicara. Kalau saya diijinkan nyalip RC, sudah pasti doi tersalip. Padahal doi nunggang NMAX TURBO.

mmz (kiri) dan rudysoul (kanan) saat ngintili RC (tengah). Kita pakai NMAX NEO S

So, kalau pemirsa menginginkan NMAX yang lebih enteng, tak kebanyakan tombol di stang, lebih murah dalam perawatan secara part-part slow moving, ya pilih NMAX NEO S. Tapi kalau pemirsa adalah tipe biker yang menginginkan performa lebih, ada sensasi TURBO lewat piranti Y-Shift, pengen motor yang lebih advance karena punya speedometer TFT dan Support GPS Garmin, ya pilih NMAX TURBO TECHMAX Ultimate sekalian.

Intinya saya belum nyobain NMAX TURBO di daerah pegunungan. Saya yakin hasilnya pasti beda. Meski belum membandingkannya secara langsung, tapi di daerah pegunungan, performa NMAX TURBO pasti jauh lebih unggul. YIMM… Saya tunggu unitnya di garasi. 😆 (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini