Rem Depan Honda BeAT mendadak tidak Pakem? Cek Part berikut!

Diposting pada

motomazine.com – Kendala yang muncul pada sepeda motor tunggangan bisa berupa apa saja. Terlebih untuk sepeda motor yang sering dipakai beraktivitas. Bisa saja gangguan tersebut muncul tanpa kita prediksi terlebih dahulu. Masalah yang muncul bisa kecil hingga berat. Salah satunya rem depan Honda BeAT terasa keras dan tak lagi pakem. Masalah seperti ini juga pernah saya temui di Honda Scoopy milik teman. Remnya keras dan tidak pakem.

Honda BeAT sendiri sudah dilengkapi rem depan model disk brake piston tunggal dari Nissin. Jika piranti pengereman ini bekerja optimal, maka rem depan bisa kita operasikan dengan lembut, empuk dan pakem. Sebaliknya, ketika mengerem dan kita merasakan pergerakan tuas rem yang keras (gredek) dan rem jadi nyelonong, artinya ada yang tidak bekerja sesuai fungsinya.

Ulik punya telisik, ternyata masalah bisa muncul dari kampas rem. Saya pernah melakukan penggantian kampas rem depan Honda BeAT di rumah. Cuman entah kenapa, feelnya jadi keras banget. Masalah ditemukan, kampas rem depan ini bukan Honda Genuine Parts (HGP).

Solusinya ganti kampas rem dengan merk HGP. Langkah selanjutnya adalah bersihkan bagian master rem. Di sana terdapat beberapa komponen seperti reservoir tank, diaphragm, returns spring dan masih banyak lagi lainnya. Pembersihan dilakukan dengan membongkar bagian-bagian master rem depan, termasuk membersihkan returns spring atau kita menyebutnya “plenyer”. nah kebanyakan masalahnya di situ.

Dan setelah dibersihkan, masalah yang awalnya terjadi pun sembuh. Rem depan kembali bekerja secara normal, empuk dan pakem. Untuk penggantiannya, kampas rem depan Honda BeAT (HGP) dibanderol Rp 60.000,- sementara penggantian dan pembersihannya hanya Rp 18.000,-. Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 78.000,-. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini