MotoGP: Yamaha Kembangkan Mesin V4, Progress Sudah Berjalan Cepat?

Diposting pada

motomazine.com – Di tengah hiruk pikuk pemberitaan tes Misano tentang terobosan tim dan pihak penyelenggara, baik itu pengenalan aero dan radio, kali ini berita terbaru datang dari Iwata. Yamaha ternyata tengah kembangkan mesin V4. Tak tanggung-tanggung, berdasarkan sumber yang dihimpun dari es.motorsport, progress sudah berjalan cepat. Dijadwalkan mesin tersebut sudah bisa dicoba sebelum regulasi baru 2027. Menarik!

Saat ini Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan di MotoGP yang masih kekeh bertahan dengan konfigurasi mesin inline 4. Mesin 4 silinder segaris ini pernah sangat berjaya melawan mesin-mesin V4 di jamannya. Bahkan Suzuki yang awalnya memakai konsep mesin V4, GSV-R akhirnya tergoda juga untuk hadirkan mesin inline-4 lewat GSX-RR. Mesin ini yang membawa Joan Mir juara dunia MotoGP tahun 2020.

Mengenai mesin V4 yang sedang digarap Yamaha, banyak asumsi bahwa kedatangan Luca Marmorini menjadi pelecut hingga akhirnya pabrikan garputala ini berubah. Mereka sekarang tak bisa lagi hanya andalkan kelincahan mesin inline-4 untuk melibas tikungan. Mesin-mesin V4 yang dulunya terkenal sulit diajak belok, kini sudah bisa diakali dengan penggunaan aero. Motor-motor MotoGP dewasa ini penuh dengan aero, mulai dari depan, fairing hingga ke ekor.

Keunggulan mesin V4 di lurusan dan akeselerasi yang akhirnya membuat Yamaha kedodoran. Yamaha selalu jadi bulan-bulanan mesin V4 di lurusan. Ducati selalu dengan begitu mudahnya asapi YZR-M1 di lurusan. Pengembangan yang Yamaha lakukan kabarnya justru membuat kemampuan alami M1 menusuk di tikungan sirna begitu saja.

Kalau sudah begini ya…. Mau gak mau kan?

Kita tunggu sajalah akan seperti apa YZR bermesin V4 nanti. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini