Pupuk Persahabatan sekaligus Tumbuhkan Ilmu di Morning Ride Yamaha WR 155 R bareng WOI

Diposting pada

motomazine.com – Komunitas WR Owners Indonesia (WOI) chapter Jakarta bersama YRA Community dan Yamaha DDS Jakarta menggelar acara Morning Ride Sebagian bagian dari bLU cRU Riding Experience pada Minggu, 8 September 2024. Selain Trabasan, Kopdar, dan Night Ride, acara Morning Ride juga telah menjadi salah satu agenda rutin yang digelar oleh komunitas WOI chapter Jakarta setiap bulannya.

Sebanyak 23 peserta yang terdiri dari 17 single rider dan 6 tandem dari berbagai wilayah Jabodetabek ikut serta memeriahkan kegiatan Morning Ride pada edisi kali ini. Sejak pagi, para rider yang antusias sudah mulai ramai berkumpul di dealer Yamaha Mekar Cibinong untuk dapat langsung gaspol bersama-sama menuju Saung Bahagia, Jonggol di hari Minggu pagi yang cerah.

Sebelum Morning Ride dimulai, para riders pada pagi itu yang didominasi oleh anak-anak muda terlebih dahulu mengikuti sesi coaching clinic yang disampaikan langsung oleh YRA Community mengenai riding education & tips, riding attitude, briefing touring route, dan berbagai pemaparan materi penting lainnya.

 

“Tujuan Morning Ride seperti ini pada dasarnya tidak hanya untuk sekadar bersenang-senang. Namun kegiatan seperti ini seharusnya juga dapat menjadi kesempatan bagi para riders muda untuk bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang lebih dalam mengenai tata cara dan Teknik berkendara yang baik, aman, dan tentunya santun untuk pengguna jalan yang lain. Dengan begitu, kegiatan Morning Ride selain tentunya menyenangkan juga dapat menjadi sarana untuk memperkaya diri dengan pengetahuan,” ungkap Pak Andreas Tjahyadi, Chief DDS 1 Jakarta.

Para riders mendengarkan dan menyimak pemaparan materi coaching clinic yang disampaikan oleh tim YRA Community dengan saksama. Berbagai pemaparan materi dan ilmu yang bermanfaat mulai dari riding position yang benar, teknik untuk memaksimalkan performa dari suspensi motor, teknik pengereman yang smooth, cara berbelok yang sempurna, hingga teknik untuk mendapatkan akselerasi saat menanjak dan deselerasi saat menurun semuanya dibagikan kepada para peserta.

Setelah kurang lebih 1 jam mendengarkan pemaparan materi, para peserta kemudian langsung bergegas menuju motor mereka masing-masing untuk adakan sesi foto bersama terlebih dahulu lengkap dengan riding gear mereka sebelum full gaspol menuju Jonggol. Rute cross country yang melewati daerah perkampungan penduduk dengan kombinasi jalan berbatu dan berlubang serta tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam khas daerah perbukitan Bogor, menjadi suguhan utama Morning Ride kali ini.

Menempuh jarak sejauh 60 km, para peserta menikmati perjalanan melewati berbagai medan dengan ditemani pemandangan perbukitan yang hijau. Perjalanan pun semakin seru saat para peserta memasuki wilayah Hambalang yang terkenal dengan tanjakan dan turunan curamnya yang berbatu dan berlubang. Medan-medan yang sulit seperti itu pun tidak menjadi kendala yang berarti bagi para riders.

Performa mesin 155cc yang powerful dengan VVA, suspensi belakang monocross dengan tingkat kekerasan yang dapat disetel, serta supensi depan teleskopik dengan diameter besar dan panjang membuat WR155R sangat tangguh untuk menerabas medan-medan adventure maupun untuk rutinitas. Adapun, teknik dari coaching clinic dengan memanfaatkan distribusi beban tubuh saat menanjak dan menurun juga sangat membantu riders untuk mendapatkan traksi yang optimal.

Sistem rem cakram ganda yang ada pada motor, serta teknik berbelok lean out dengan melebarkan tangan pada setang, menjepit kaki ke arah tangki, dan posisi badan berlawanan dengan arah saat berbelok sangat membantu para riders untuk mendapatkan suspensi alami dan pengereman yang smooth saat menikung. Para peserta akhirnya tiba di Saung Bahagia tepat saat jam makan siang.

Para peserta menikmati santap siang bersama dengan berbagai suguhan kuliner khas Sunda yang sangat menggugah selera. Nanang Apriyono, Ketua WR Owners Indonesia (WOI) chapter Jakarta membagikan testimoninya mengenai keseruan acara Morning Ride edisi kali ini.

“Senang sekali akhirnya bisa ikut Morning Ride lagi. Selain bisa ketemu sama semua teman-teman dan jalan-jalan bareng lagi, saya juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru soal riding yang sangat bermanfaat sekali dari coaching clinic. Teknik-teknik dari coaching clinic untuk menanjak, menurun, dan menikung sangat terasa sekali manfaat. Lalu suspensi, handling, sistem pengereman, dan performa mesin juga sangat mendukung sekali untuk berkendara adventure maupun untuk jalan di dalam kota,” jelasnya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini